6 Kriteria Yang Harus Dimiliki Waralaba

Kriteria Waralaba Yang Baik | Perkembangan bisnis terutama bisnis waralaba kini sudah mendapatkan pengawasan oleh pemerintah. Pemerintah telah memberikan batasan berupa kriteria wajib yang harus dimiliki waralaba. Ini dimaksudkan untuk meminimalisir terjadinya penyalahgunaan bisnis waralaba oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Peraturan Pemerintah No 42 Tahun 2007 adalah salah satu contoh kepedulian pemerintah dalam memberikan pembinaan kepada pengusaha kecil menengah untuk mempunyai daya saing skala nasional dan international di bidang bisnis waralaba pemasaran produk dalam negeri. Peraturan pemerintah ini secara garis besar menciptakan transparansi informasi bisnis waralaba. Baik itu menyangkut hal bonafiditas maupun legalitas waralaba.

Peraturan ini dibuat untuk memudahkan pemerintah memantau dan menyusun baik jumlah maupun jenis bisnis waralaba yang ditawarkan. Sehingga setiap pemberi waralaba harus menyampaikan prospektus penawaran waralaba kepada pemerintah maupun calon penerima waralaba. Setelaha terjadi kesepakatan waralaba, pemberi waralaba juga harus melaporkan isi perjanjuan ke pemerintah.

6 kriteria waralaba yang baik.

Sesuai dengan peraturan pemerintah berikut 6 kriterian waralaba yang baik yang harus dimiliki oleh waralaba sesuai dengan PP No. 42 Tahun 2007, yaitu:

  1. Memiliki ciri khusus. Ciri khusus ini juga dapat diartikan dengan ciri khas usaha yang tidak dimiliki oleh produk sejenis lainnya dan tidak mudah ditiru. Dengan ini konsumen akan cenderung memilih ciri khas ini sebagai tolak ukur pemilihan investasinya. Misalnya, sistem manajemen, cara pemasaran unik, outlet serta pelayanan dan cara penjualan.
  2. Terbukti memberikan keuntungan. Ini dimaksudkan bahwa pemberi waralaba sudah berjalan kurang lebih 5 tahun dan terbukti memberikan keuntungan dan terus mengalami kemajuan. Sehingga pemberi waralaba sudah mempunyai kiat-kiat khusus dalam menyikapi berbagai permasalahan dalam perjalanan usaha sehingga tetap bertahan dan terus berkembang.
  3. Memiliki standar baik. Standar ini berupa pelayanan dan barang yang ditawarkan dibuat secara tertulis supaya penerima waralaba dapat bekerja sesuai dengan standar operasional kerja pemberi waralaba. Sehingga kualitas pelayanan dan barang tetap terjamin dengan baik.
  4. Mudah untuk diduplikasi. Kemudahan duplikasi yang dimaksud yaitu berupa cara pelaksanaan dan proses pembelajarannya. Jadi setiap penerima waralaba yang belum mempunyai pengalaman mengenai usaha sejenis dapat menjalankan dengan mudah sesuai dengan arahan dan bimbingan pemberi waralaba.
  5. Adanya dukungan berkesinambungan. Dukungan ini untuk membantu pengembangan bisnis penerima waralaba secara terus-menerus seperti pelatihan, operasional dan cara promosi.
  6. Hak dan Kekayaan Intelektual sudah terdaftar. Hak kekayaan intelektual ini beruba merk dagang, hak cipta, hak paten, rahasia dagang sudah didaftarkan dan bersertifikat.

Demikian beberapa kriteria wajib yang harus dipenuhi oleh  waralaba dan Peraturan Pemerintah ini diharapkan dapat memberikan kepastian berusaha serta kepastian hukum bagi pemberi dan penerima waralaba.

CEK INFO PELUANG USAHA MODAL KECIL

Leave a Reply

CommentLuv badge