Kelebihan Dan Kekurangan Waralaba

Kelebihan Kekurangan Waralaba | Setiap pengusaha dan pemodal pasti menginginkan keuntungan besar dengan sistem kuat. Dan untuk mendapatkan keinganan tersebut dapat dilakukan dengan bergabung ke dalam bisnis waralaba. Anda tidak akan dipusingkan dengan penaataan sistem dan manajemen bisnis, karena semua akan didapat dengan mudah. Namun, dibalik keuntungan pasti ada kekurangan. Alangkah baiknya anda juga mengetahui resiko yang akan dapat. Mari kita kaji lebih jauh mengenai keuntungan dan kekurangan bisnis waralaba.

Kelebihan Kekurangan Waralaba.

Sebagai sebuah sistem bisnis, tentunya akan terdapat kelebihan dan kekurangan, akan ditemui kelebihan kekurangan waralaba sebagai sebuah sistem bisnis. Tetapi tentunya hal tersebut tidak perlu membuat anda berkecil hati, karena setiap sistem yang ada tentunya bertujuan untuk memberikan keuntungan yang maksimal bagi setiap pihak.

Kelebihan Bisnis Waralaba

  • Manajemen Bisnis Siap Pakai

Anda tidak perlu bersusah payah membangun menajemen dari awal. Bisnis waralaba sudah teruji baik dari ide, penamaan maupun reputasi. Sistem manajemennya pun sudah siap untuk diterapkan pada lokasi baru. Jadi kelebihan ini untuk meminimalisir kerugian dalam uji coba membangun sistem manajemen sendiri.

  • Mudah Dikenal Masyarakat

Bisnis anda akan mudah berkembang dengan bantuan produk yang telah dikenal oleh masyarakat. Dengan kata lain, tenaga, biaya, dan waktu lebih sedikit anda keluarkan daripada membangun bisnis sendiri. Mengapa demikian? Karena branding dari waralaba tersebut telah kuat. Jadi anda akan merasa diuntungkan. Branding kuat akan mempermudah anda dalam memasarkan produk waralaba yang anda ikuti.

  • Manajemen Keuangan Lebih Mudah

Sebagai seorang investor pasti akan menginvestasikan dana kepada sistem bisnis yang telah teruji, kokoh, dan memiliki jaringan bisnis yang luas. Dalam waralaba manajemen keuangan telah dibuat oleh pemilik waralaba dengan baik. Keuntungannya, anda tinggal menerapkan manajemen tersebut dan terhindar dari kebingungan dan kerumitan seperti membangun bisnis sendiri.

  • Dukungan Dan Keamanan Yang Kuat

Pemilik waralaba melalui manajemennya akan siap memberikan dukungan kepada anda. diantaranya dengan memberikan bekal keterampilan dan pelatihan seperti manajemen finansial, pemasaran, periklanan dan lain-lain. Selain itu, legalitas dari bisnis anda akan kuat karena pelegalan bisnis sudah tergabung dengan pusat. Biasanya itu termasuk dalam satu paket pembelian waralaba.

Kelebihan Kekurangan Waralaba

Setiap sistem akan memiliki kelebihan dan kekurangan, demikian juga dengan usaha waralaba. Kekurangan kelebihan waralaba akan tetap ada, tetapi tidak perlu berkecil hati karena setiap sistem akan terus dikembangkan untuk kemajuan usaha waralaba.

Kekurangan Bisnis Waralaba

  • Kurangnya Kendali

Pembeli waralaba akan kurang dalam mengendalikan bisnis yang dijalankan, karena semua manajemen telah ditetapkan oleh pemilik waralaba. Sehingga saat pembeli waralaba memiliki kreatifitas dalam pengembangan bisnis waralabanya, sering tidak dapat diaplikasikan karena telah terikat kontrak khusus dengan pemilik waralaba.

  • Terikat Dengan Supplier

Setiap pembisnis pasti lebih cenderung memilih modal kecil dengan cara memilih supplier murah dan mendapatkan keuntungan yang besar. Namun, sayangnya dalam sistem waralaba supplier sudah ditentukan dan pembeli waralaba tidak bisa membeli dari supplier lain. Jadi, berapapun harga yang telah ditentukan oleh supplier harus diikuti oleh pembeli waralaba.

  • Ketergantungan Reputasi

Waralaba yang anda kelola sangat berpengaruh dengan reputasi pewaralaba lain dengan sistem yang sama. Satu saja teman anda sesama pembeli waralaba di daerah lain melakukan kesalahan, dampaknya akan terasa pada bisnis waralaba anda. Karena reputasi ini merupakan salah satu ujung tombak pemasaran dan kemudahan anda dalam pengembangan.

  • Pemotongan Keuntungan

Pada waralaba tertentu pembeli harus memberikan royalti kepada pemilik waralaba. Sungguh ini akan mengurangi keuntungan anda. Jika keuntungan sedikit, anda pun harus rela berbagi kepada pemilik waralaba. Ikatan kontrak ini sering membuat pembeli waralaba merasa dirugikan.

Demikian beberapa kelebihan dan kerugian waralaba, untuk anda yang ingin terjun ke dalam bisnis waralaba sebaiknya telah memikirkan secara matang, agar penyesalan karena ketidaktahuan di awal akan menghambat bisnis anda kedepannya. Semua pilihan ada ditangan anda, maka menyikapi dengan bijak dan penuh ketelitian adalah kuncinya. Selalu semangat dan selamat berwirausaha.

CEK INFO PELUANG USAHA MODAL KECIL

No Responses

Leave a Reply

CommentLuv badge