Tips Memilih Bisnis Waralaba Secara Tepat

Tips Memilih Bisnis Waralaba | Dewasa ini perkembangan bisnis di Indonesia mulai mengalami pertumbuhan yang positif. Kesadaran masyarakat akan pentingnya bisnis dalam menunjang perekonomian masyarakat mulai terlihat. Hal ini terbukti dengan semakin banyaknya pelaku bisnis baru dengan konsep bisnis waralaba. Bisnis waralaba ini sangat cocok untuk anda yang ingin memulai berbisnis. Sebelum anda memulai, alangkah baiknya untuk memilih bisnis waralaba secara tepat dan berkualitas.

Bisnis waralaba pada konsepnya adalah bisnis yang menguntungkan dengan konsep manajemen rapi  dan terstruktur. Bisnis waralaba yang paling cocok untuk digeluti yaitu bisnis kebutuhan sehari-hari seperti makanan, minuman, pendidikan, salon, bengkel, bidang ritel.

Beberapa Tips Memilih Bisnis Waralaba

Pilih salah satu diantara beberapa pilihan tersebut yang sesuai dengan keinginan dan hobi anda. Anda ingin serius terjun ke bisnis waralaba? Berikut beberapa tips memilih bisnis waralaba:

  1. Usahakan untuk tetap tenang ketika anda menemui pemilik bisnis tersebut karena biasanya pemilik akan mengadakan interview. Dalami informasi mengenai bisnis waralaba tersebut secara tuntas baik itu mengenai kesehatan waralaba maupun manajemennya.
  2. Pelajari tentang latar belakang penyelenggara waralaba dari pemilik, kredibilitas, potensi pasar, serta keunggulan dan keunikan yang mereka tawarkan. Semakin produk unik dan berkualitas akan memudahkan anda dalam mengembangkan bisnis waralaba anda ke depannya. Semakin mereka terbuka ketika anda mengajukan pertanyaan kepada mereka maka semakin baik waralaba tersebut. Mengapa demikian? Karena kedepannya anda akan sering berkomunikasi untuk bertukar informasi. Bisa anda bayangkan jika mereka tertutup dan susah untuk menjawab pertanyaan anda maka dapat dipastikan komunikasi kedepannya tidak akan lancar.
  3. Usahakan untuk menyelidiki tentang kesehatan keuangan waralaba. Pewaralaba yang baik akan senang berbagi kepada anda mengenai kondisi kesehatan keuangan mereka. Pilih waralaba dengan margin keuntungan selalu naik tiap tahunnya dan minimal keuntungan itu membaik minimal 3 tahun. Tanyakan pula mengenai perkembangan para investor sebelumnya. Jika mereka berhasil dan menujukkan hasil positif, berarti produk dan sistemnya diterima baik oleh pasar.
  4. Perlu diingat bahwa bisnis waralaba bukanlah sistem yang dapat memberikan pasif income secara cepat seperti halnya obligasi maupun deposito yang memiliki bunga tetap. Apapun bisnis pasti memiliki resiko, jadi jangan bertindak tanpa perhitungan dengan menginvestasikan modal anda seluruhnya kepada bisnis waralaba.
  5. Pahami kontrak bisnis waralaba pilihan anda. Jangan langsung berjabat tangan setuju dan tanda tangan tanpa membaca draf kontrak dengan seksama karena kewajiban dan hak anda sangat jelas tertera di kontrak tersebut.

“Bisnis waralaba tepat adalah penyedia kebutuhan sehari-hari seperti makanan, minuman, salon, bengkel dan bidang retail”

CEK INFO PELUANG USAHA MODAL KECIL

Leave a Reply

CommentLuv badge