Tips Memulai Bisnis Waralaba

Tips Memulai Bisnis Waralaba | Saat ini perkembangan masyarakat untuk berinvestasi di bidang bisnis meningkat pesat, karena semakin membaiknya perekonomian per kapita penduduk Indonesia. Secara tidak langsung pertumbuhan bisnis waralaba pun mengalami pertumbuhan signifikan dan dibuktikan dengan semakin banyaknya bisnis dengan sistem waralaba tumbuh. Masyarakat semakin percaya bahwa berinvestasi ke dalam bisnis waralaba dapat memberikan nilai balik lebih cepat dibandingkan harus membangun bisnis dari awal.

tips memulai bisnis waralaba

Tips memulai bisnis waralaba yang paling sederhana adalah menyesuaikan jenis franchise dengan modal yang dimiliki.

Menjalankan bisnis waralaba memang sangat menggiurkan. Dengan keuntungan cukup meyakinkan, peluang bisnis waralaba sudah dikembangkan dengan sistem rapi dan manajemen mantap. Kelebihan lain permodalan sudah jelas, dukungan sistem sudah teruji, dan sistem promosi yang tak kalah dengan bisnis non kemitraan. Bisnis waralaba dapat menjadi salah satu solusi bagi pemula untuk menjalankan bisnis dengan lebih mudah.

5 Tips Memulai Bisnis Waralaba.

Kesuksesan dalam bisnis waralaba memang tidak semudah yang dibayangkan. Ada beberapa kiat-kiat khusus agar para calon investor dapat menjalankan bisnis kedepannya lebih baik.

Berikut beberapa tips memulai bisnis waralaba dengan baik.

Pertama, Harus merubah sikap menjadi seorang pengusaha. Pengusaha harus siap mengambil resiko yang akan dihadapi dalam menjalankan sebuah bisnis. Pola pikir pengusaha harus tertanam dengan baik dalam diri. Kalau anda adalah mantan karyawan, perubahan pola pikir ini sangat dianjurkan agar anda menjalankan bisnis dengan lebih baik. Pengusaha harus inovatif dalam mengembangkan bisnisnya tidak terpaku pada sistem dengan syarat inovasinya tidak melanggar kontrak kerja bersama pemilik waralaba.

Kedua, pelajari sistem perundang-undangan tentang waralaba yang terdapat dalam Peraturan Pemerintah RI No. 42 Tahun 2007. Di dalam peraturan ini terdapat beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh pemilik waralaba. Jika bisnis waralaba sudah memenuhi syarat sesuai dengan peraturan pemerintah tersebut, anda dapat berinvestasi dengan aman.

Ketiga, persiapkan modal dengan matang, sebab modal tidak hanya sekali anda keluarkan saat membeli waralaba. Akan tetapi modal operasional pun perlu anda perhitungkan. Banyak orang menjalankan bisnis waralaba gagal karena tidak adanya perencanaan matang terhadap modal yang harus dikeluarkan kedepannya setelah pembelian waralaba.

Keempat, satu hal yang tak kalah pentingnya adalah peningkatan kemampuan anda untuk berinteraksi. Baik interaksi kepada konsumen maupun kepada karyawan anda. Pengusaha harus mampu berkomunikasi dengan baik dengan berbagai pihak. Keberhasilan membagun komunikasi akan berdampak positif pada kemajuan bisnis waralaba anda. Anda salah dalam berinteraksi bukan tidak mungkin bisnis waralaba anda akan jalan ditempat dan bahkan bisa gagal.

Kelima, belajar dan jadilah ahli di dalam bisnis waralaba. Pelajari dengan tekun dan sungguh-sungguh dalam pengembangan bisnis waralaba. Jangan sampai anda menjalankan bisnis waralaba hanya untuk coba-coba dan mengikuti trend saja. Sistem coba-coba dapat dipastikan hasilnya tidak akan maksimal.

“Menjalankan bisnis waralaba memang dapat memberikan keuntungan cukup besar karena dukungan sistem dan manajemen bonafit”

Sebelum anda terjun lebih jauh alangkah baiknya anda pelajari dan jalankan beberapa tips memulai bisnis waralaba di atas, pastikan anda telah memiliki modal dalam bentuk dana yang cukup serta kemampuan teknik manajemen dasar serta kemauan untuk tumbuh dan berkembang sebagai seorang pengusaha. Selamat berwirausaha dan salam sukses untuk Anda!

CEK INFO PELUANG USAHA MODAL KECIL

Leave a Reply

CommentLuv badge