Cara Efektif Menemukan Ide Bisnis

Cara Menemukan Ide Bisnis | Hal pertama yang diperlukan ketika akan memulai sebuah usaha atau bisnis adalah ide bisnis.  Sebuah ide bisnis yang inovatif akan sangat diminati oleh para investor dan peluangnya pun semakin besar. Namun,  memang tidak mudah menemukan ide bisnis yang sesuai dengan minat dan bakat kita. Terkadang ide-ide yang muncul adalah ide-ide yang tidak sesuai dengan bakat yang kita miliki.

Bagaimana Cara Menemukan Ide Bisnis?

Jika anda adalah seorang pemula yang ingin memulai bisnis maka anda bisa memulai dengan ide-ide sederhana seperti berjualan, menjadi reseller, dan lain-lain.  Ada juga orang-orang yang memiliki banyak uang namun tidak tau akan berbisnis apa, mereka biasanya akan mencari orang yang memiliki ide bisnis yang bagus untuk menginvesatikan uangnya. Ini salah satu jalan keluar bagi yang ingin berbisnis namun belum memiliki modal.

cara-menemukan-ide-bisnis

cara-menemukan-ide-bisnis

Kembali ke persoalan mencari ide bisnis, yang kita fokuskan disini adalah untuk orang yang akan menjalankan bisnis, bukan orang yang hanya berinvestasi. Orang-orang ini memiliki semangat untuk memulai bisnisnya dari nol dengan idenya sendiri. Beberapa dari mereka sudah siap dengan modalnya, tetapi masih bingung bisnis apa yang akan dijalankan, walaupun sebenarnya mereka sudah memiliki bayangan.

 Untuk menemukan ide bisnis sebenarnya tidaklah sesulit mencari jarum diantara jerami. Inspirasi bisa kita dapatkan dengan melihat sekitar kita. Cara termudah mencari ide bisnis adalah membaca lingkungan, apa yang dibutuhkan oleh lingkungan, masyarakat sekitar, pemerintah atau instansi. Sebagai contoh jika kita tinggal di wilayah yang menjadi pusat pendidikan seperti sekolah atau perguruan tinggi, maka membuka jasa fotocopy atau rental computer bisa menjadi peluang yang bagus untuk bisnis.

Kasus diatas adalah tentang bagaimana kita membaca peluang. Apa yang dibutuhkan, apa yang belum ada, dan apa yang sekiranya bisa kita sediakan. Jangan terlalu khawatir masalah pesaing bisnis, karena seberapapun hebatnya pesaing anda, namun manusia itu sifatnya relative. Pasti ada beberapa orang yang lebih menyukai produk anda. Apalagi jika tingkat kebutuhan produk yang akan anda jual di daerah tersebut sangatlah tinggi maka anda tidak perlu khawatir. Seperti jasa fotocopy yang tingkat kebutuhan di daerah perguruan tinggi sangatlah besar, sehingga keberadaan pesaing yang banyak bukanlah menjadi masalah.

Sebagai penegasan bahwa cara menemukan ide bisnis merupakan salah satu hal penting sebelum kita bertindak lebih lanjut.

Selain dengan membaca kebutuhan lingkungan, cara untuk menemukan ide bisnis adalah dengan metode ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi). Mungkin anda sudah sering mendengar ini. Cara ini tidak mengharuskan anda berfikir keras untuk memunculkan ide bisnis yang kreatif.  Yang harus anda lakukan hanya melihat bisnis-bisnis yang sudah ada, identifikasi bagaimana cara kerjanya, sistematikanya, kemudian tirukan. Jangan lupa untuk memodifikasinya. Contoh anda akan membuka toko asesoris yang sama dengan pesaing anda. Anda bisa menambahkan konsep yang berbeda dengan pesaing anda seperti dengan memberi diskon, menambah kupon belanja gratis, buka 24 jam, dan konsep-konsep lain yang tidak dimiliki oleh pesaing anda. Cukup dengan memodifikasi bisnis yang sudah ada, anda telah menghasilkan ide bisnis baru yang tidak kalah menarik.

Semoga anda mendapatkan manfaat setelah membaca cara menemukan ide bisnis ini. Nikmati pembahasan tentang peluang usaha dan info waralaba di artikel lainnya. Terimakasih 🙂

CEK INFO PELUANG USAHA MODAL KECIL

Leave a Reply

CommentLuv badge