Cara Membangun Mental Pengusaha Untuk Pemula

Membangun Mental Pengusaha | Ide bisnis yang cemerlang dan modal usaha saja belum lengkap tanpa ada unsur ketiga. Unsur tersebut adalah mental, mental sebagai pengusaha. Karena jika seorang membuka usaha tanpa memiliki mental pengusaha maka akan sangat sulit untuk mencapai kesuksesan. Karena tanpa mental ini seseorang akan dengan sangat mudah merasa putus asa. Kebanyakan dari mereka memang bersemangat diawal namun lama kelamaan akan semakin kendor seiring datangnya masalah-masalah yang harus dihadapi.

Salah satu faktor kegagalan bisnis para pemula adalah karena mereka tidak atau belum memiliki mental pengusaha. Ketika dihadapkan dengan permasalahan yang serius mereka akan goyah dan akhirnya tumbang ditengah jalan. Terlebih ketika mengalami kegagalan, mereka akan langsung berputus asa. Ada yang kemudian mencari bisnis lain, ada juga yang kemudian memutuskan untuk berhenti mencoba menjadi pengusaha. Mental seperti inilah yang seharusnya tidak dimiliki oleh seorang calon pengusaha. Lantas bagaimana seharusnya seorang pengusaha itu?

cara-membangun-mental-pengusaha

cara-membangun-mental-pengusaha

Bagaimana  cara membangun mental pengusaha itu?

Optimis

Seorang pengusaha harus optimis atas segala sesuatu yang menentukan nasib usahanya kedepan. Optimis ketika akan mengambil keputusan dan optimis dengan hasil yang akan didapatkan. Tanpa rasa optimis, seorang pengusaha tidak akan maju sedikitpun karena ia senantiasa ragu dalam setiap langkahnya.

Tidak punya malu

Tidak punya malu disini adalah dalam artian positif, bukan berarti melanggar sopan santun atau hak orang lain. Seorang pengusaha harus tidak punya malu untuk mempromosikan produknya. Tidak malu jika harus berjualan kepada teman-temannya. Pun tidak malu ketika bertemu dengan orang-orang yang statusnya lebih tinggi dari dia.

Tidak mudah putus asa

Seorang pengusaha juga tidak boleh berputus asa. Jika mengalami kegagalan ia harus segera bangkit dan mencoba lagi. Ketika ditimpa masalah, ia juga tidak boleh putus asa dan menyerah. Karena sekali dia berputus asa maka usahanya tidak akan berjalan.

Berani

Ini adalah sikap yang sangat penting. Seorang pengusaha harus berani dalam menghadapi masalah dan mengambil resiko. Terlebih lagi berani memulai. Banyak orang yang hanya berangan-angan menjadi pengusaha, tapi sangat sedikit yang berani bergerak mewujudkannya. Untuk itu sikap berani ini sangat penting dan yang harus dimiliki pertama kali. Seorang penakut tidak akan menjadi pengusaha karena bahkan untuk memulai saja ia takut.

Dalam perjalanan sebuah usaha pasti banyak sekali tantangan dan masalah yang menuntut seorang pengusaha untuk segera mengambil keputusan dengan segala resiko yang ada. Disini peran mental keberanian sangat menentukan. Jika seorang pimpinan tidak berani mengambil keputusan karena takut akan resikonya, pekerjaan yang lain akan menjadi terhambat. Walaupun tentu saja tetap waspada dan memilah mana resiko yang mungkin dihadapi dan mana yang bisa merugikan perusahaan.

Demikian cara membangun mental pengusaha yang sebaiknya ditanamkan sejak dini jika anda bercita-cita menjadi seorang pengusaha. Baca juga artikel tentang peluang usaha lainnya.Semoga bermanfaat

CEK INFO PELUANG USAHA MODAL KECIL

Leave a Reply

CommentLuv badge