Cara Mendapatkan Investor Bisnis Anda

Faktor yang Dapat Membuat Investor Mengejar Anda

Cara Mendapatkan Investor | Modal usaha bisa kita dapatkan salah satunya adalah melalui investor. Investor adalah orang yang melakukan investasi yaitu menanam modal pada sebuah perusahaan atau instansi.  Keuntungan memiliki investor adalah mendapatkan bantuan dana untuk operasional perusahaan dengan sistem bagi hasil. Namun tidak ada orang yang mau menginvestasikan uangnya secara cuma-Cuma. Kalaupun ada mungkin hanya sekian persen. Ada beberapa factor yang membuat orang mau berinvestasi di perusahaan atau instansi anda. Apa saja faktornya?

cara-mendapatkan-investor

cara-mendapatkan-investor

Hal yang pertama dan utama tentu saja adalah tujuannya. Mengapa anda membutuhkan investasi dari orang tersebut? Apa tujuan dari investasi tersebut? Jika memang perusahaan anda memiliki visi dan misi yang baik dan selaras dengan prinsip orang tersebut maka anda akan mendapatkannya. Namun jika tujuan anda tidak selaras maka anda harus mencari investor lain yang satu visi dengan anda. Sebagai contoh tidak mungkin seorang Kiai berinvestasi pada mafia atau sejenisnya.

Kemudian hal yang menjadi pertimbangan adalah kejelasan dari perusahaan seperti jumlah dana, alokasi dana, dan sistem bagi hasil. Berapa banyak yang anda butuhkan beserta alokasinya. Investasi bukan hanya berupa uang, namun bisa juga berupa barang seperti emas, logam, dan lain-lain.  Banyak orang yang ketika ditanya oleh calon investor tentang alokasi dana mereka masih bingung. Dan akibatnya gagal mendapatkan dana dari investor karena para investor ragu. Yang harus anda ingat juga adalah bahwa investor disini juga menginginkan uang atau benda yang diinvestasikan berkembang. Dengan berinvestasi mereka juga melakukan bisnis, bukan sedekah. Jadi mengenai bagi hasil dan alokasi dana harus dijelaskan secara rinci di awal.

Anda juga perlu menjelaskan prospek keuntungan bagi para investor untuk meyakinkan bahwa perusahaan anda memang layak untuk mendapat investasi dari mereka. Proses perjanjian ini dilakukan diawal kepada para investor.  Terkadang para investor juga meragukan tingkat ketahanan sebuah perusahaan. Karena banyak sekali perusahaan-perusahaan berkembang yang setelah mendapat modal dari investor malah jadi gulung tikar dan sebagai akibatnya para investor tidak mendapat apapun. Belajar dari pengalaman-pengalaman itulah para investor menjadi lebih selektif lagi dalam menginvestasikan uangnya. Untuk itu anda harus meyakinkan mereka bahwa perusahaan anda memiliki prospek yang bagus kedepannya. Dan bukan hanya janji, tapi juga buktikan dengan prestasi-prestasi yang pernah diperoleh oleh perusahaan anda. Bisa juga dengan menunjukkan statistic penjualan anda selama satu bulan terakhir, atau hal-hal yang menunjukkan bahwa perusahaan anda terus mengalami progress yang baik.

Setelah mengetahui cara mendapatkan investor, diharapkan anda lebih jeli dan dapat memberikan nilai lebih

Yang terakhir yang tidak kalah penting yaitu menjalin hubungan yang baik dengan para calon investor. Bangun kepercayaan dengan mereka, karena ketika mereka memiliki kepercayaan kepada anda maka mereka tidak akan ragu untuk berinvestasi pada perusahaan anda. Sebaik apapun sistem perusahaan anda akan lebih baik lagi jika anda juga memiliki sosial yang baik. Tidak hanya pada investor, tetapi juga pada karyawan dan pelanggan.

Demikian pembahasan cara mendapatkan investor bisnis. Semoga bermanfaat dan dapat memberikan nilai lebih kepada anda semua. Ikuti juga artikel mengenai peluang usaha dan info waralaba lainnya.

CEK INFO PELUANG USAHA MODAL KECIL

Leave a Reply

CommentLuv badge