Cara Menjaga Popularitas Bisnis Anda

Pentingnya Menjaga Hubungan Baik Dengan Konsumen

Cara Menjaga Popularitas Bisnis | Dalam sebuah perniagaan atau perdagangan baik itu berupa barang ataupun jasa, anda tidak akan lepas dengan konsumen. Konsumen ialah mereka yang membeli produk anda. Jika anda seorang pengusaha atau bekerja sebagai marketing di sebuah perusahaan maka salah satu hal yang harus anda perhatikan adalah menjalin hubungan yang baik dengan konsumen. Menjalin hubungan yang baik dengan konsumen menjadi penting karena dari konsumenlah anda mendapatkan uang selain dari investor. Dan mereka juga memiliki peran utama dalam kesuksesan penjualan sebuah produk. Hal ini bisa dianalogikan seperti seorang presiden tanpa rakyat, begitu pula sebuah perusahaan atau perdagangan tanpa konsumen.

cara menjaga popularitas bisnis

cara menjaga popularitas bisnis

Menjadi marketing atau pengusaha yang baik haruslah memiliki kemampuan yang baik untuk menjalin hubungan dengan orang lain. Dengan perlakuan yang baik seorang konsumen biasa bisa menjadi pelanggan setia yang menjadi sumber penghasilan.  Menjalin hubungan yang harmonis dengan konsumen sebaiknya dimulai dari awal karena kesan pertama sangat menentukan. Tidak hanya ketika anda membutuhkan konsumen saja, namun juga ketika konsumen membutuhkan anda. Karena ada kalanya ketika sebuah perusahaan berada di atas dan tidak terlalu memperhatikan konsumen. Hal itu tentu saja tidak baik untuk kedepannya. Sebuah perusahaan besar yang sukses mereka selalu memperhatikan kebutuhan pelanggan atau konsumen. Hal ini juga bisa mengikat para pelanggan agar tidak kabur dan memilih produk pesaing.

Cara Menjaga Popularitas Bisnis salah satunya adalah menjaga hubungan baik dengan konsumen

Bagaimana cara menjalin hubungan yang baik dengan konsumen?  Bagi marketing yang sudah professional tentu mereka tau apa yang harus dilakukan karena ini adalah salah satu keahlian yang dibutuhkan dari seorang marketing. Bagi anda yang baru merintis usaha ada beberapa tips yang kami berikan untuk anda.

Yang pertama adalah bangunlah kepercayaan konsumen kepada anda. Jika seorang konsumen sudah memiliki kepercayaan kepada anda maka setiap kali membutuhkan sesuatu yang berkenaan dengan produk anda dia akan menghubungi anda. Itulah nilai atau kekuatan sebuah kepercayaan atau trust. Seorang konsumen membeli produk karena dua hal yaitu karena trust dan karena butuh.

Yang kedua adalah sediakan kebutuhan mereka dan tambahkan informasi lain. factor kedua yaitu kebutuhan. Ketika seseorang butuh pada produk anda maka tidak otomatis dia datang ke anda. Apalagi jika produk yang anda jual bukanlah satu-satunya produk yang memenuhi kebutuhan mereka. Untuk itu harus ada factor pertama yaitu kepercayaan. Ketika mereka para konsumen sudah memiliki rasa trust dan butuh maka dia akan datang dan membeli produk anda. Jika perlu berikan juga informasi tambahan yang berkenaan dengan produk anda karena suatu saat bisa saja si konsumen akan membutuhkan hal itu. Jika sudah demikian maka anda akan mendapat kepercayaan yang lebih dari konsumen.

Kemudian yang terakhir yang tidak kalah penting adalah menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan. Jangan pernah membuat kecewa konsumen atau pelanggan anda, karena mereka juga bisa jadi musuh anda yang menjelek-jelekkan produk anda. Menjaga kepercayaan itu lebih sulit daripada mendapatkannya. Demikian cara menjaga popularitas bisnis agar usaha kita dapat berkelanjutan. Sekian dan terima kasih. 🙂

CEK INFO PELUANG USAHA MODAL KECIL

Leave a Reply

CommentLuv badge