Kapan Waktu Tepat Memulai Usaha?

Waktu Tepat Memulai Usaha | Topik yang akan dibahas kali ini adalah mengenai menjadi pengusaha. Ada banyak hal yang membuat seseorang memilih untuk menjadi pengusaha. Diantaranya adalah kemandirian financial, tidak adanya keterikatan waktu, dan peluang untuk lebih kaya. Berbagai macam seminar dan workshop kewirausahaan diikuti. Buku-buku tentang kewirausahaan mulai banyak bermunculan.

Kemudian muncul pertanyaan, kapan waktu yang tepat untuk memulai usaha? Jawabannya adalah sekarang. Ketika anda sudah memutuskan untuk menjadi pengusaha maka mulailah dari sekarang. Semakin anda menunda untuk melakukan usaha, maka semakin terhambat pula usaha anda menghasilkan. Bahkan tidak menutup kemungkinan sudah didahului oleh orang lain. Karena setiap harinya pasti ada orang yang sama dengan apa yang kita pikirkan.

waktu-tepat-memulai-usaha

waktu-tepat-memulai-usaha

Lantas apa yang harus dilakukan untuk memulai usaha setelah memutuskan untuk bertindak?

Banyak hal yang harus anda siapkan untuk memulai sebuah usaha. Yang pertama adalah Ide. Bisnis atau usaha apa yang akan anda jalankan. Apakah itu usaha makanan, fashion, teknologi, atau yang lain. Tentukan dari sekarang. Jika masih ragu anda bisa melihat perusahaan-perusahaan yang sudah maju sebagai referensi. Dan juga sesuaikan dengan minat dan bakat anda. Jika anda suka memasak maka sebaiknya anda tidak memilih bisnis fashion, lakukan yang sesuai dengan minat dan bakat anda.

Ketika anda sudah menentukan usaha apa yang akan anda jalankan, mulailah untuk menyusun rencana bisnis. Rencana Bisnis adalah dokumen yang berisi tentang detail-detail usaha yang akan anda jalankan. Mulai dari tujuan, rincian biaya yang dibutuhkan, tempat, dan lain-lain. Dengan membuat business plan ini akan memudahkan anda untuk mencari modal dari investor. Juga menjadi pedoman anda dalam mendirikan usaha.

Dalam rencana bisnis ini, anda harus benar-benar menyusun rencana bisnis anda. Tentukan sasaran bisnis anda. Jika usaha tersebut adalah usaha di bidang fashion, tentukan siapa saja pasarnya. Apakah untuk remaja, anak-anak, atau dewasa. Apakah untuk kalangan menengah ke atas atau menengah kebawah. Dengan menentukan pasar nantinya akan mudah bagi anda untuk menentukan harga jual produk anda.

Kemudian tentukan produk apa yang aan anda jual. Apakah asesoris, baju, tas, atau sepatu. Atau anda ingin menjual semua produk fashion.  Fokuslah pada produk yang anda pilih. Semakin spesifik sebuah usaha maka perusahaan tersebut akan semakin mudah dikenal orang. Tentu kita lebih mengenal Strawberry sebagai toko aksesoris daripada swalayan yang juga menjual aksesoris. Jenis produk yang anda jual menentukan karakter pada perusahaan anda.

Semakin menunda maka waktu tepat memulai usaha akan pudar dengan sendirinya

Setelah produk, anda juga harus merumuskan tentang model usaha anda. Apakah produksi sendiri ataukah reseller. Atau anda ingin membuka franchise. Ada kelebihan dan kekurang dari masing-masing model usaha. Jika anda memang memiliki modal yang cukup banyak anda bisa mencoba untuk membuat produk sendiri. Atau jika tidak ingin repot anda bisa menjadi franchise dari perusahaan lain. Memang lebih mudah, namun kekurangannya ada pada brand perusahaan anda. Karena model ini hanya membuat anda memiliki banyak uang tanpa menjadi besar dan terkenal. Bandingkan dengan jika produksi sendiri yang bisa menghasilkan banyak uang dan mengangkat nama perusahaan anda.

Pembahasan sederhana mengenai waktu tepat memulai usaha dan tata cara pelaksanaannya di atas semoga bermanfaat untuk anda yang masih ragu untuk memulai. Ingat kesempatan akan selalu ada, tetapi kesempatan terbaik jarang datang untuk ke dua kali. Salam Wirausaha! 🙂

CEK INFO PELUANG USAHA MODAL KECIL

Leave a Reply

CommentLuv badge