Mengapa Perlu Menjadi Pengusaha?

Mengapa perlu menjadi pengusaha | Saat ini telah banyak ajakan untuk menjadi pengusaha. Komunitas-komunitas wirusahawan pun mulai banyak bermunculan. Tidak hanya sebagai ajang berkumpul sesama pengusaha, komunitas ini juga mengajak orang lain untuk menjadi pengusaha. Mulai dari seminar, status di social media, artikel, dan media yang lain. Dan yang tertarik pun ternyata tidak sedikit. Seminar kewirausahaan seringkali mendatangkan tokoh-tokoh pengusaha yang sudah sukses untuk berbagi pengalaman dan memberi motivasi untuk para audience. Hampir setiap seminar yang diadakan selalu penuh pesertanya.

mengapa-perlu-menjadi-pengusaha

mengapa-perlu-menjadi-pengusaha

 

Pertanyaannya adalah mengapa kita perlu menjadi pengusaha? Hal ini jarang menjadi topik yang dibahas dalam seminar. Pada kali ini kita akan membahas tentang alasan menjadi seorang pengusaha.

Alasan Mengapa Perlu Menjadi Pengusaha?

Alasan yang pertama adalah nasionalisme. Mungkin anda akan bertanya apa hubungannya dengan nasionalisme? Tentu saja sangat berhubungan, walaupun pengusaha bukanlah angkatan militer yang melindungi tanah air, namun pengusaha memiliki peran dalam perkembangan Indonesia.

Menurut Deputi Kementerian Koperasi dan UKM Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia, Agus Muharram, untuk membentuk ekonomi sebuah negara berkembang menjadi maju dibutuhkan jumlah pengusaha sukses minimal 2% dari total jumlah penduduk.  Kemudian dilansir dari sindonews.com bahwa jumlah pengusaha di Indonesia hanya sekitat 1,26 persen pada tahun 2013. Itu artinya Negara kita kurang sedikit lagi memenuhi kriteria Negara maju dilihat dari jumlah pengusahanya.

Mengapa pengusaha menjadi salah satu factor kemajuan sebuah Negara? Karena perusahaan-perusahaan swasta merupakan salah satu pilar ekonomi Negara dan kemajuan Negara juga diukur berdasarkan sektor ekonomi. Semakin baik kondisi financial sebuah Negara maka semakin maju Negara tersebut. Perusahaan swasta juga mengambil peran penting di sini. Karena dari mereka juga Negara mendapatkan pendapatan dari pajak yang dibayarkan disamping pajak-pajak yang lain.

Jumlah wirausaha di Indonesia yang walaupun kelihatannya cukup banyak namun sebenarnya masih sedikit jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia. Dan masyarakat Indonesia juga masih banyak yang enggan untuk berwirausaha dan lebih memilih menjadi karyawan atau PNS. Mental inilah yang harusnya diperbaiki sejak dini.

Pertanyaan selanjutnya adalah jika semua orang kemudian menjadi wirausaha lantas siapa yang akan menjadi karyawan?

Jika pada tahun ini jumlah pengusaha di Indonesia mencapai 2% dari jumlah penduduk maka itu merupakan perkembangan yang luar biasa. Apalagi jika bisa mencapai angka 10% atau bahkan menjadi mayoritas. Hal itu bukan tidak mungkin terjadi. Bisa saja suatu saat nanti orang-orang Indonesia banyak yang memilih menjadi pengusaha. Untuk masalah karyawan jangan khawatir. Kita bisa mencontoh Negara-negara yang sudah maju yang memiliki banyak pengusaha sedangkan masyarakat di negaranya tidak terlalu banyak. Yang mereka lakukan adalah menarik tenaga kerja dari luar negeri. Seperti halnya yang banyak mereka lakukan pada Negara kita saat ini. Tidak menutup kemungkinan bahwa suatu saat nanti aka nada banyak tenaga kerja dari luar yang bekerja pada Negara kita.

Beberapa alasan mengapa perlu menjadi pengusaha dapat menjadi inspirasi kita untuk ikut andil bangkit dalam dunia bisnis.

Jadi masih ragukah anda untuk menjadi pengusaha? Yang anda butuhkan hanyalah keberanian untuk memulai dan mengambil resiko. Salam Wirausaha! ­čÖé

CEK INFO PELUANG USAHA MODAL KECIL

Leave a Reply

CommentLuv badge