Peluang Usaha Modal Kecil Untuk Mahasiswa

Peluang Usaha Modal Kecil | Mempunyai usaha sampingan, tentu akan membuat mahasiswa bisa lebih mandiri dalam hal keuangan. Karena dengan memiliki usaha sendiri, mereka pun tidak perlu meminta uang bulanan kepada orang tua mereka. Selain itu banyak hal positif yang bisa dipelajari dari memiliki usaha sendiri. Seperti membangun mental untuk terus bekerja keras, melatih kepercayaan diri karena mereka mau tidak mau akan langsung berhubungan dengan pelanggan dan itu juga bisa melatih berbicara mereka. Dan masih banyak hal lain yang bisa diambil manfaatnya jika memiliki usaha saat masih berstatus mahasiswa.

Tapi, mungkin kalian akan berpikir. “Bagaimana caranya kami mahasiswa memiliki usaha atau bisnis sendiri? Terutama masalah modal uang untuk memulai suatu usaha.”

peluang usaha modal kecil

peluang usaha modal kecil

Eits, jangan patah arang terlebih dahlulu. Modal itu tidak melulu harus berupa sebuah uang. Karena banyak sekali pengusaha sukses yang memulai bisnis mereka dengan modal uang yang sangat minim. Mereka bisa memanfaatkan uang yang sedikit untuk memulai bisnis mereka. Kalian tahu, modal apa yang sangat di perlukan untuk memulai usaha?dan banyak mahasiswa sebagai generasi mudah yang memilikinya tapi tidak mereka sadari?

Beberapa Peluang Usaha Modal Kecil Untuk Mahasiswa.

 Ya, Modal yang sangat diperlukan itu adalah Ide Kreatif. Ide kreatif adalah yang membuat sebuah bisnis bisa bertahan dan berkembang. Walaupun modal awal yang berupa uang itu sangat mepet dan pas-pasan. Tapi dengan ide kreatitf kalian. Kalian akan bisa mencari cara agar modal ini bisa kembali diputar untuk menunjang bisnis kalian bertahan.

Selain Ide kreatif, modal lainnya yang kalian harus punya adalaha Etos Kerja tinggi agar bisnis kalian bisa berkembang serta ketrampilan mengatur keuangan kalian. Lalu bisnis apa saja yang bisa kalian lakukan dengan modal uang yang sangat kecil? Yuk kita bahas beberapa peluang usaha yang bisa kalian ambil.

 1. Berjualan Pulsa

Peluang usaha ini bisa kalian dapatkan dengan sangat mudah dan bermodalkan uang yang sangat minim. Walaupun sangat minim, prospek jualan pulsa tidak akan mati kedepannya. Karena seperti kita tahu, sekarang pulsa seperti kebutuhan primer setiap orang dan banyak sekali orang yang membutuhkan pulsa. Lihat deh temen-temen kalian di kampus. Pasti tidak ada satu pun yang tidak memiliki HP dan mereka semua pasti memerlukan pulsa bukan? Nah pilihlah peluang usaha ini jika memang anda ingin memiliki usaha.

 Modal yang dibutuhkan : HP dan uang sebesar Rp50.000- Rp 100.000 untuk melakukan deposit pertama kali sekaligus mendaftar di agen pulsa all operator.

 Tips berjualan pulsa : Karena selisih margin ini sangatlah mepet. Antara Rp 500 – Rp 2000. Akan lebih bagus jika anda tidak memberikan utang pulsa kepada seseorang. Karena perputaran kas anda akan tidak sehat dan bisa-bisa anda nombok modal anda untuk mengisi deposit pulsa kembali.

  2. Membuka Jasa Les Privat

Banyak mahasiswa yang mengambil peluang usaha ini lo. Karena selain tidak perlu mengeluarkan modal yang seberapa. Bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan. Kebanyakan, les privat yang dibuka adalah les privat untuk anak SD. Tentu kalian yang mahasiswa, pasti bisa bukan untuk mengajari pejaran anak SD yang tentu saja semua pelajarannya adalah pelajaran yang pernah dienyam dulu.

 Modal yang dibutuhkan : Bisa dibilang Rp 0. Karena tidak perlu mengeluarkan sedikitpun modal uang. Yang dibutuhkan adalah ketermpilan mengajar serta promosi mulut ke mulut atau jika memang anda ingin membuat brosur. Modal anda hanyalah kisaran Rp 100.000

 Tips membuka les Privat : Jangan muluk-muluk langsung target bisa mendapatkan banyak murid. Mulailah dari 1 murid dulu. Disini kalian akan sekalian belajar untuk bagaimana caranya menerangkan sebuah pelajarn untuk anak SD. Karena tidak mudah lo ternyata mengajarkan anak SD. Dan butuh kesabaran juga. Jika si orang tua merasakan perubahan yang bagus dari nilai anak mereka. Anda pun akan direkomendasikan oleh orang tua anak yang anda ajar. Dan ini bisa dijadikan ajang promsi anda

 3. Menjual Aksesoris wanita hasil kerajinan tangan.

Kalian memiliki skill ketrampilan tangan? Jangan sia-siakan bakat anda ini. Karena anda bisa memiliki usaha tanpa mengeluarkan modal yang banyak. Bayangkan saja sebuah aksesoris yang bisa dijual dengan harga Rp 15.000 hingga Rp 35.000 dan harga mungkin bisa lebih mahal lagi tergantung tingkat kesulitan serta bahan baku dari aksesoris tersebut. Tentu ini bisa menjadi bisnis yang sangat menguntungkan untuk anda bukan? Karena tidak semua orang memiliki ketrampilan tangan ini.

Modal yang dibutuhkan : Modal yang dibutuhkan tentun saja ketrampilan tangan dan juga modal uang untuk membeli bahan baku dan peralatan untuk membuat sebuah aksesoris. Kira-kira modal yang dibutuhkan Rp300.000 – Rp 500.000. Ingat jika modal anda tidak banyak. Ide kreatif anda dibutuhak disitu, agar mempunyai solusi menambah modal uang untuk membeli bahan baku anda.

Tips : Untuk anda yang ingin terjun di bisnis ini. Perhatikanlah keinginan konsumen yang sedang berkembang saat ini. Dengan terus mengikuti fashion yang lagi banyak diikuti. Maka aksesoris yang anda buat pasti akan dilirik banyak orang. Tentu dengan keuntungan yang lumayan, anda bisa mengembangkan bisnis ini dengan baik.

Itulah Berbagai macam peluang usaha modal kecil untuk mahasiswa. Sebagai mahasiswa yang memiliki otak yang masih frehs. Selalu gunakan ide-ide fresh anda untuk menyiasati kendala di depan anda. Jangan langsung patah semangat. Selamat memilih usaha.

CEK INFO PELUANG USAHA MODAL KECIL

Leave a Reply

CommentLuv badge