Peluang Usaha Pembibitan Ikan Punya Potensi yang Menggiurkan

Peluang Usaha Pembibitan Ikan | Untuk anda yang memang ingin terjun mejadi pebisnis. Usaha yang satu ini tidak kalah menguntungkan dengan usaha-usaha lainnya. Apalagi anda memiliki hobi memellihara ikan. Ini bisa dijadikan ajang penyaluran hobi anda yang sangat menguntungkan bukan?

Untuk pembibitan ikan ada 2 macam. Ada pembibitan ikan konsumsi dan ada juga pembibitan ikan hias. Nah disini akan kami paparkan tentang peluang usaha pembibitan ikan konsumsi karena bisa dibilang bisnis inilah yang paling banyak menghasilkan. Karena jumlah permintaan akan ikan konsumsi tidak akan pernah sepi pembeli dan anda pun bisa menangkap peluang usaha ini jika anda mau.

peluang usaha pembibitan ikan

peluang usaha pembibitan ikan

Apa saja potensi peluang usaha pembibitan ikan?

Lalu, apa alasan kuat yang bisa menjadi pertimbangan anda untuk memilih bisnis ini? Alasanya adalah, Sekarang permintaan akan kebutuhan ikan konsumsi sangatlah tinggi. Tetapi, jumlah pembibitan ikan sangatlah sedikit. Sehingga terkadanga, para petani atau pembudidaya pembesaran ikan pun kebingungan dan kewalahan melayani permintaan pasar. Karena mereka tidak bisa mendapatkan bibit ikan untuk mereka ternak dan besarkan untuk kemudian dijual kembali ke konsumen. Selain karena semakin meningkatnya permintaan bibit ikan dipasaran, usaha ini bisa anda pilih jika anda memiliki modal kecil dan lahan yang anda punya terbatas. Inilah alasan kenapa anda harus membuka pembibitan ikan khususnya ikan konsumsi.

Untuk ikan konsumsi yang memiliki permintaan yang sangat tinggi adalah ikan jenis Lele dan ikan mas. Kedua ikan ini merupakan ikan yang paling diburu oleh banyak orang. Lihat saja banyaknya orang yang menjual makanan ikan lele atau pecel lele dan ikan mas kaki lima di jalan-jalan.

Menurut beberapa sumber, di Jakarta saja. Permintaan ikan mas di sana sekitar 10ton per harinya. Dan baru terpenuhi setengahnya yaitu 5ton yang di suplai dari berbagai daerah. Sedangkan untuk lele, permintaan dipasarang menembus hingga 85ton setiap harinya dan ini baru bisa dipenuhi 50ton saja. Selain Ibu kota Jakarta, Daerah Jogja dan Semarang perminataan disana sekitar 25-35 ton perharinya. Tentu jika anda jeli, anda tidak akan menyianyiakan waktu anda untuk berpikir lebih lama lagi untuk memulai usaha ini bukan? Karena permintaan akan ikan konsumsi yang banyak dan tentu saja usaha pembibitan ikan akan dicari-cari oleh peternak atau pembudidaya ikan konsmsi.

Lalu, kenapa usaha ini bisa dibilang memiliki modal yang keci yang menguntungkan? Karena keuntungan dari penjualan benih ini bisa mencapai 100%. Kenapa? Kita ambil contoh saja begini, Misal kita mempunyai 1 indukan yang bisa menghasilkan 90-100 ribu benih ikan lele. Setelah dipelihara kira-kira 40-45 hari dan sudah memiliki ukuran sekitar 6-7cm. Kita jual dengan kisaran harga Rp 300 – Rp 350. Maka omset anda bisa mencapai Rp 30.000.000 hingga Rp 35.000.000. HItung saja jika petani memiliki puluhan induk yang siap dikawinkan yang kemudian menghasilkan benih. Tentu anda bisa memiliki omset yang lebih tinggi lagi bukan?

Peluang usaha pembibitan ikan mempunyai potensi penghasilan yang menarik

Nah modal apa yang anda butuhkan untuk memulai usaha pembibitan ikan ini? Untuk anda yang baru memulai usaha ini, anda bisa mulai membeli dengan sepasang induk  jantan dan betina yang kira-kira modal awalnya sekitar Rp 250.00- Rp300.000. Untuk kolam, anda bisa memanfaatkan kolam terpal. Ukuran yang bisa dipilih adalah 2x1x0,8 M yang kira-kira dijual dipasaran Rp 600.000 – Rp 700.000. Sedangkan untuk biaya lain-lain seperti pakan, peraltan, probiotik, karyawan, peralatan dan biaya penyusutan kolam. Anda hanya butuh kisaran 7-8 juta ntuk mendapatkan semua kebutuhan untuk pembibitan ikan anda. Sangat kecil bukan? Dibanding dengan keuntungan yang kita dapatkan seperti contoh kasus yang diberikan sebelumnya.

 Nah, itulah yang bisa kami paparkan mengenai peluang usaha pembibitan ikan. Selamat berjuang untuk menjadi wirausaha.

 

CEK INFO PELUANG USAHA MODAL KECIL

Leave a Reply

CommentLuv badge