Peluang Usaha Sewa Tenda di Pantai

Peluang Usaha Sewa Tenda di Pantai | Mengingat Indonesia merupakan Negara maritime yang memiliki pantai yang sangat banyak, maka segala sesuatu yang berhubungan dengan pantai bisa menjadi peluang usaha yang sangat menguntungkan. Bayangkan saja jumlah kepulauan di Indonesia sebanyak 17.508, belum lagi pada tahun 2013 total panjang garis pantai Indonesia adalah 99.093 kilometer.

Dari data tersebut bisa kita identifikasi bagaimana peluang bisnisnya. Jika keseluruhan pantai tersebut dijadikan sebagai objek wisata, yang katakanlah setiap pantai dikunjungi oleh minimal 100 orang per tahun. Maka Indonesia dikunjungi oleh lebih dari 9.900.000 orang per tahun. Dari para pengunjung ini tentu kita bisa mendapat pemasukan. Bukan dari pantainya, karena objek wisata tetap milik Negara. Namun dari fasilitas tambahan di tempat wisata seperti tempat makan, toilet, sewa boat, sewa tenda, dan lain-lain.

peluang usaha sewa tenda di pantai

peluang usaha sewa tenda di pantai

Pada artikel kali ini kita akan focus pada pembahasan peluang usaha dari penyewaan tenda. Sebenarnya bagaimana peluang usaha sewa tenda pantai di Indonesia? Lalu apa saja yang harus dipersiapkan? Berapa banyak modal yang dibutuhkan? Kita akan mengulasnya satu per satu.

Peluang Usaha

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa kondisi geografis kita yang memiliki banyak pantai sudah jelas menjadi peluang besar. Apalagi untuk usaha-usaha yang berhubungan dengan pantai. Kondisi pantai yang panas membuat pengunjung ingin mencari tempat yang teduh. Karena jarangnya pepohonan di pinggir pantai ataupun bangunan semacam pendopo, maka tenda pantai bisa menjadi alternatifnya.

Modal Usaha

Untuk modal usaha yang diperlukan tentu saja adalah beberapa tenda yang akan disewakan. Untuk harga tenda sendiri kurang lebih Rp. 2.000.000,- per item. Namun dengan modal tersebut anda bisa balik modal dalam sebulan. Umpamakan dalam sehari ada 5 orang yang menyewa. Harga sewa per jamnya Rp. 50.000,- maka dalam sehari anda minimal mendapatkan Rp. 250.000,-. Dalam satu bulan anda bisa mendapatkan Rp. 7.500.000,-. Anda sudah mendapatkan keuntungan 3 kali lipat dari modal yang dikeluarkan. Itu jika anda memiliki satu tenda, jika 10 tenda anda bisa mengalikannya sendiri. Bayangkan berapa banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan, apalagi di daerah pantai yang ramai dan terkenal seperti yang ada di Bali atau Lombok.

Persiap

 Selain menyiapkan uang sebagai modal membeli perlengkapan, anda juga harus meminta izin dan berkomunikasi dengan pengelola terlebih dahulu. Sebisa mungkin anda tidak membuka usaha yang illegal, karena resiko kedepannya bisa jadi tidak enak. Kemudian anda juga bisa bekerja sama dengan warung makan atau resto di sekitar pantai tersebut untuk usaha sewa tenda anda. Misalkan pihak restoran tersebut bisa menyewa tenda anda untuk tempat makan bagi customernya, dan anda tentu mendapat untung dari situ, walaupun bukan dari pengunjung pantai melainkan dari pihak restoran.

Modal sekali tetapi dapat memberikan keuntungan berlipat yaitu peluang usaha sewa tenda di pantai

Peluang usaha sewa tenda di pantai memang terlihat sederhana tetapi mampu memberikan income menjajikan. Perlu anda coba ne, bila rumah anda dekat dengan kawasan wisata pantai. Modal tidak terlalu besar tetapi mampu memberikan keuntungan berlipat.

CEK INFO PELUANG USAHA MODAL KECIL

Leave a Reply

CommentLuv badge