Strategi Memilih Produk Untuk Dijual Ulang

Strategi Memilih Produk | Salah satu jenis bisnis yang sering dilakukan oleh pemula adalah dengan menjadi reseller. Bisnis ini adalah bisnis dengan menjual ulang produk orang dengan harga yang lebih tinggi. Walaupun sekilas terlihat tidak menjanjikan namun bisnis ini memberikan penghasilan yang lumayan. Biasanya bisnis ini ditekuni oleh orang-orang yang ingin mencari pekerjaan sampingan seperti mahasiswa, pelajar, atau ibu rumah tangga. Walaupun ada juga beberapa orang yang menekuni bisnis reseller sebagai bisnis utama, seperti distro-distro kaos yang menjual produk-produk ternama.

Untuk anda yang ingin menekuni bisnis reseller ini ada beberapa tips atau strategi untuk memilih produk yang baik. Memilih produk yang salah akan berakibat kurang baik bagi bisnis reseller anda, karena produk yang kurang baik kualitasnya bisa membuat pelanggan kabur.

Apa saja strategi memilih barang yang baik?

Yang pertama adalah  memilih produk yang cepat laku. Pilihlah jenis produk yang cepat habis dan laku, seperti makanan, ATK, atau produk lain yang sekiranya menjadi kebutuhan primer atau sekunder. Kalau kebutuhan tersier kebanyakan adalah jenis-jenis barang yang lama penjualannya dan oleh karena itu harganya mahal. Ketika barang yang dijual adalah produk yang cepat habis maka perputaran uang pun semakin cepat. Dari sini bisnis anda akan terlihat lebih hidup dan dinamis, sehingga memiliki peluang lebih besar.

Kemudian yang kedua adalah pilihlah produk yang tidak bertentangan dengan hukum atau peraturan yang berlaku. Jika anda menjadi pebisnis, jadilah pebisnis yang baik. Menjual produk yang bertentangan dengan hukum akan menjadi resiko besar bagi anda. Seperti menjual miras atau narkoba, tentu saja selain akan mendapat hukuman dari pihak berwajib, bagi masyarakat  merke juga mendapatkan sanksi social.

Yang ketiga adalah mampu menarik konsumen. Tentu saja ini merupakan alasan yang penting untuk memilih sebuah produk. Konsumen akan datang jika mereka tertarik. Dan bila produk yang kita jual sangat menarik bagi konsumen maka jangan khawatir untuk masalah promosi, dengan sendirinya toko anda akan dipengaruhi olehnya. Tanpa anda beriklan pun jika produk yang anda jual menarik maka toko anda akan mendapat marketing gratis dari pelanggan dan konsumen anda.

Strategi memilih produk untuk dijual ulang diperlukan ketelitian, karena produk adalah penunjang penjualan

Selanjutnya pilihlah barang yang biayanya sesuai dengan sasaran bisnis anda. Jika sasaran bisnis anda adalah pelajar atau mahasiswa maka kurang tepat jika anda menjual produk-produk yang impor dari luar negeri yang terkenal mahal. Jika pasar anda adalah orang-orang kaya maka tidak mungkin anda akan menjual produk-produk KW yang murah. Karena kebanyakan orang memiliki gengsi yang tinggi, terutama mereka yang berkuasa dengan uangnya.

Pada intinya adalah pilihlah produk yang sesuai dengan bisnis yang anda tekuni, identifikasi kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi. Pertimbangkan juga biaya stok barang atau dalam hal ini adalah biaya untuk mengambil barang dari supplier.  Semoga bermanfaat pembahasan tentang strategi memilih produk ini. Baca juga tentang info franchise. Sekian dan terimakasih. 🙂

CEK INFO PELUANG USAHA MODAL KECIL

Leave a Reply

CommentLuv badge