Kiat Memulai Usaha Mainan Diecast (bag.1)

Kiat Memulai Usaha Mainan Diecast

Setelah pada artikel sebelumnya terungkap bagaimana gurihnya bisnis mainan diecast, maka artikel kali ini akan membagikan kiat-kiat sederhana bagaimana memulai usaha mainan diecast. Seperti ditulis sebelumnya, bisnis Diecast ternyata cukup menggiurkan untuk dijalani, terutama karena produk ini bisa menyasar 2 target pasar : anak-anak dan kolektor. Bahkan target pasar kolektor mampu mengubah harga mainan mobil-mobilan ini hingga berkali-kali lipat. Tertarik ?

Modal Dalam Memulai Usaha Mainan Diecast

Modal utama yang harus dimiliki sebelum anda memulai bisnis diecast, adalah product knowledge.  Pengetahuan akan produk meliputi merk dan jenis diecast, macam-macam skala diecast, seri diecast yang banyak diminati, hingga seri diecast yang memiliki nilai lebih dibanding seri lainnya. Tanpa pengetahuan akan produk, anda akan kesulitan menentukan harga dan tidak akan maksimal mendapatkan keuntungan. Salah-salah, anda malah menjual murah diecast yang sebenarnya bisa dihargai mahal. Jualan diecast sebenarnya bisa dibuat lebih simple : belanja ke supplier, jual lagi dengan harga resmi. Misalnya saja merk Kinsmart. Diecast skala 43 ini dijual resmi di toko mainan besar dengan harga 65-70 ribu. Sementara jika anda ke pusat grosir mainan seperti Asemka atau Pasar Gembrong, anda bisa mendapatkannya dengan harga 28 – 35 ribu. Selisih margin yang cukup besar ini dimanfaatkan oleh sejumlah seller dengan cara menjualnya di media online semacam kaskus dan tokobagus dengan harga 35-50 ribu.

Selain product knowledge, modal uang juga sangat diperlukan disini. sangat jarang seller diecast menjalankan usahanya dengan sistem dropship. Hal ini dikarenakan diecast diproduksi dalam jumlah terbatas, sehingga anda wajib melakukan stock produk. Bahkan bisa jadi stock anda hari ini tidak akan anda dapatkan lagi minggu depan. Maka, Stock produk jadi kewajiban bagi anda.

Seberapa banyak anda harus mengeluarkan modal uang ini ? sebenarnya investasi untuk belanja diecast bisa dimulai dari hanya bebera ratus ribu saja. Simulasinya begini : Luangkan waktu sehari untuk “berburu” diecast dari satu toko ke toko lain di kota anda. Merk diecast seperti Hotwheels bahkan ada di hipermarket, toko mainan, hingga minimarket seperti Indomaret. Pilih produk-produk terbaik yang bisa anda temukan.  Siapkan uang antara 250 – 500ribu untuk membeli diecast yang punya value lebih tinggi. dengan modal sebesar itu, anda bisa mendapatkan 10 hingga 20 diecast yang bisa dijual diatas harga resminya. potensi income yang anda bisa dapatkan berkisar antara 300 – 700 ribu. Belum lagi kalau anda menemukan “harta karun” berupa diecast hotwheels seri TH$ (seri reguler yang keluar dgn varian ban karet, seri paling langka karena hanya dicetak 1 per 500 varian).

Kiat Memulai Usaha Mainan Diecast

Salah satu contoh TH$ dari Hotwheels, seri reguler dengan varian ban karet.

Bagaimana menciptakan keberuntungan tersebut ? anda bisa mulai mempelajari kapan sebuah toko mengupdate stock Hotwheels nya. memang diawal akan sangat sulit, namun lama-lama akan menjadi tahu hari apa saja update stock baru di sebuah toko mainan. Aktivitas hunting seperti ini adalah aktivitas yang cukup sering dilakukan oleh para kolektor. Karenanya, tantangan anda adalah bersaing dengan para kolektor yang menjadikan toko mainan tersebut sebagai langganan.

Namun yang perlu anda ketahui, ada saja “teknik curang” dalam berburu diecast ini. Yaitu dengan bekerjasama dengan penjaga toko dimana produk yang cukup tinggi nilainya akan disimpan oleh penjaga toko dan hanya diberikan kepada anda dengan imbalan tertentu. Hal ini sangat tidak adil dan dapat membuat diecast makin susah dicari. ujung-ujungnya akan merugikan bisnis diecast itu sendiri.

Cara lain dalam berbelanja adalah dengan mendatangi distributor diecast. dengan modal 1 jutaan anda sudah bisa mendapatkan 1 kardus hotwheels berisi 72 pcs yang masing-masing memiliki harga modal sekitar 18rb/pcs. Sehingga anda bisa berjualan dengan memasang harga sama seperti di toko mainan. Marginnya pun lumayan.

selain kedua cara diatas, ada cara lain yang dilakukan oleh para penjual diecast, yakni berbelanja di Ebay. Di situs lelang internasional ini terdapat sejumlah seller dari luar negeri yang menjual diecast dengan harga bervariasi, namun jika anda membeli dalam jumlah banyak atau sistem Lot, harga modalnya lumayan menarik, mulai dari 20ribu. Diecast yang dijual disini pun bukan diecast terbaru, justru diecast seri lawas yang nilai jualnya sudah pasti diatas harga modal. Anda perlu belajar banyak tentang ilmu impor jika belanja di ebay.

 

Lalu, bagaimana memilih produk yang mempunyai nilai jual tinggi ? Simak di artikel berikutnya.

jangan lupa follow twitter kami di @iWaralaba , dan ikuti terus informasi waralaba dan peluang usaha di iWaralaba.com

 

selamat berbisnis.

CEK INFO PELUANG USAHA MODAL KECIL

No Responses

Leave a Reply

CommentLuv badge