Kiat Menjalankan Usaha Mainan Diecast (bag.2)

Kiat Menjalankan Usaha Mainan Diecast

Artikel ini adalah lanjutan dari artikel sebelumnya, Kiat Memulai Usaha Mainan Diecast dan Gurihnya Bisnis Mainan Diecast

Kiat Menjalankan Usaha Mainan Diecast

Setelah anda mengetahui apa saja modal dalam memulai usaha mainan diecast, maka disitu disebutkan bahwa salah satu modal pentingnya adalah product knowledge. Tanpa perlu dana besar, anda bisa memulai bisnis ini dengan hanya membeli 1 buah diecast berharga 25 ribu dan menjualnya dengan harga 30 ribu bahkan bisa 200 ribu. Bagaimana bisa seperti itu ?

Pertama, anda harus kenal dulu skala-skala dalam diecast. skala adalah ukuran diecast dibanding dengan ukuran aslinya. Ada skala 1:18 (ukuran diecast 18x lebih kecil dari ukuran mobil aslinya), skala 1:32, Skala 1:43, skala 1:64. Pada dasarnya skala itu sendiri hanya pengelompokan secara umum, karena ada juga yang skalanya 1:36, skala 1:38, dan ukuran skala lainnya. Makin besar skalanya, makin mahal harganya. Diecast yang cukup populer dengan peminat yang jauh lebih banyak ada di diecast skala 1:64.

Pada diecast skala 1:64, ada 3 merk besar yang paling banyak penggemarnya : Hotwheels, Matchbox, dan Tomica. Selain 3 merk ini, ada juga green light, action city, maisto, dan merk lain yang punya pangsa penggemar tersendiri. Anda bisa mulai dari merk Hotwheels karena merk ini punya 3 pangsa pasar : anak-anak, kolektor dewasa, dan penghobi balap diecast.

Yup, penggemar hotwheels ada yang gemar mengadakan balapan diecast skala 1:64 dengan track buatan hotwheels juga. Sehingga pasarnya jadi lebih luas. Hotwheels juga lebih banyak tersedia, karena merk mainan ini ada di semua toko mainan, hipermarket, supermarket, hingga minimarket. Beberapa toko yang menjual hotwheels : Giant, Carrefour, Hypermart, Matahari, Metro, Kidz Station, Toys City, Toys Kingdom, Hingga Indomaret. Maka, “supplier” anda tersebar se-Indonesia, sehingga anda lebih mudah mendapatkannya.

Langkah selanjutnya adalah memilih item yang punya value lebih tinggi sehingga bisa dijual lebih tinggi dari harga resmi di toko mainan. Ada 3 jenis item yang punya value tinggi.

1. Item yang diproduksi dalam jumlah terbatas. Dalam 1 dus Hotwheels, ada 72 pcs item dimana terdapat beberapa item yang sama, dan ada item yang jumlahnya lebih sedikit. Misalnya yang disebut seri T-Hunt, dalam 1 dus hanya ada 1 atau 2 pcs saja. Bahkan ada 1 item yang dicetak 1 pcs diantara 500 pcs reguler yang paling berbeda, yaitu bannya menggunakan ban karet. ini disebut Superized T-Hunt, TH$, atau juga T-Hunt Super.

Logo T Hunt yang ada di bagian Body Mobil Hotwheels.

Logo T Hunt yang ada di bagian Body Mobil Hotwheels.

2. Item yang banyak penggemarnya. Biasanya mobil-mobil Supercar banyak diminati, seperti Ferrari atau Lamborghini. atau Camaro & Mustang yang memang punya penggemar setia.

3. Item yang memang jarang diproduksi oleh Hotwheels. Hotwheels adalah produsen asal amerika. Mobil-mobil yang paling banyak dicetak adalah mobil-mobil buatan produsen otomotif  amerika. Sehingga, jika hotwheels mencetak diecast dari pabrikan luar, layak jadi mobil koleksi. Misalnya : mobil-mobil buatan Jepang seperti Honda, Toyota, Nissan. Sebagai contoh, Hotwheels pernah menjalin kerjasama memproduksi replika dari Bugatti Veyron. Ternyata kerjasama ini hanya bertahan sebentar dan Hotwheels pun tak lagi memproduksi Bugatti Veyron. Akibatnya, Hotwheels seri ini jadi incaran para kolektor dan harganya sudah puluhan kali lipat dari harga aslinya.

4. Item yang dipakai untuk balapan diecast dan sering menang. Biasanya, usai balapan ada “podium” untuk memamerkan mobil-mobil yang juara. mobil-mobil hotwheels ini akan naik harganya jika dia sudah pernah naik podium. Misalnya : Govner, Pharodox, Low Carbs, dll…

5. Item yang “error”. definisi Error disini adalah item hotwheels yang produksinya cacat. Misalnya, bannya tertukar atau bahkan tidak ada bannya, catnya tidak sempurna, tidak ada kacanya, dll… intinya, kondisi mobil saat masih di dalam blister (bungkus hotwheels) sudah dalam keadaan tidak sempurna seperti item lain yang sejenis.

 

Selain kelima faktor diatas, ada alasan-alasan lain yang mendasari sebuah produk bisa dijual dengan harga tinggi. Anda wajib mengupdate pengetahuan dengan rajin-rajin bergaul di komunitas penggemar diecast. Ada banyak tempat berkumpul para penggemar diecast, bahkan di Facebook mereka sering berinteraksi dan berbagi informasi.

Dengan pengetahuan produk yang cukup, anda bisa mendapatkan hasil maksimal dengan aktivitas yang lebih menyenangkan yaitu dengan “berburu” diecast dan menjualnya lagi.

Simak kiat memasarkan produk diecast di artikel berikutnya. Tetap ikuti informasi waralaba dan peluang usaha di iWaralaba.com

jangan lupa follow akun twitter kami di @iwaralaba.

Selamat berbisnis.

CEK INFO PELUANG USAHA MODAL KECIL

Leave a Reply

CommentLuv badge