Mengintip Gurihnya Peluang Usaha Mainan Diecast (Bag.2)

Investasi Diecast Vs Investasi Emas.

(Tulisan ini adalah bagian kedua dari artikel “Mengintip Gurihnya Peluang Usaha Mainan Diecast” )

Peluang usaha mainan diecast

Salah Satu Produk Hotwheels, A Team Van. Harga resmi saat dikeluarkan pada tahun 2012 adalah 17.000. Saat ini, harga di pasaran sudah menembus 100 ribu rupiah.

Benarkah membeli diecast dan menjadikannya instrumen investasi bisa lebih tinggi keuntungannya daripada investasi emas ? Mungkin ada benarnya pernyataan ini. Pada dasarnya, produk berbasis hobi akan memiliki value tinggi di mata penghobinya. Tentu hal ini akan sangat berbeda dengan Emas, dimana nilainya akan selalu sama bagi siapa saja.

Namun di sisi lain, diecast bisa jadi salah satu instrumen investasi yang menarik. Mengapa ? ada beberapa hal yang bisa jadi pertimbangan anda berikut ini :

  • Diecast harganya tak pernah turun lebih rendah dari harga modal awalnya. Jika pada tahun 2010 harga Hotwheels masih di kisaran 17-19 ribu, maka pada tahun 2014 harga hotwheels resmi sudah mencapai Rp. 24.900. bahkan di beberapa Hipermarket sudah dijual di angka 33 ribu. Bahkan Diecast seri tertentu memiliki nilai jual yang lebih tinggi dibanding seri lainnya. Sebut saja misalnya Ferrari, atau Lamborghini, Datsun, Mitsubishi Lancer Evolution, atau Honda yang harganya bisa naik setiap tahunnya.
  • Diecast merupakan produk dengan niche market yang sangat tajam. Jika hotwheels dibeli oleh anak-anak, maka dia akan jadi produk yang tak lebih dari sekedar mainan. Tapi jika pembelinya orang dewasa, maka produk itu sudah masuk wilayah Collectible items, sehingga tidak bisa lagi disebut mainan, melainkan koleksi.
  • Diecast diproduksi dalam jumlah yang terbatas di setiap serinya. hal ini membuatnya menjadi Limited Product. Dan Limited product yang bertemu dengan growing market akan menghasilkan high value.
  • Diecast seri tertentu akan memiliki nilai jual yang jauh lebih tinggi daripada harga resminya, bahkan sejak produk tersebut dikeluarkan. Misalnya, Hotwheels yang mengeluarkan seri mobil dengan ban karet disela-sela produk regulernya yang dikenal dengan istilah Superized Treasure Hunt (TH$). Model diecast TH$ mirip dengan versi regulernya, dijual juga dengan harga yang sama dengan versi regulernya. Namun TH$ dicetak sangat terbatas (konon 1 pcs TH$ diselipkan diantara 500-an produk reguler). sehingga harga resminya saat ini hanya 24.900 namun pada hari yang sama sejak pertama dibeli, sudah bisa dijual lagi dengan harga 150-250 ribu.
  • Khusus merk Hotwheels, ketika ada produk yang secara resmi bisa disebut “cacat produksi”, harganya juga akan lebih tinggi daripada harga resminya. Misalnya, bannya tertukar, mobil tidak ada kacanya, cat rusak, dll… hal ini dikarenakan ada market tertentu yang memang mengoleksi hotwheels yang dalam kondisi “error”.
  • Menyimpan Hotwheels dalam kondisi bagus, lalu menjualnya pada 1-2tahun kemudian, kenaikannya akan lebih tinggi dari angka inflasi tahunan. Misalnya saja inflasi Indonesia mencapai 12%. Lalu Diecast yang kita beli sekarang di harga 25 ribu tahun depan bisa dijual dengan harga 30-35 ribu (note : bukan “most wanted product”) . kenaiknya 5 ribu rupiah sudah setara dengan 20%, lebih tinggi dari inflasi 12%. Bagaimana dengan emas ? emas bukan instrumen investasi yang bisa disimpan 1-2 tahun. Apalagi jika memang sedang trennya, harga emas bahkan bisa turun lebih rendah dari harga ketika anda membelinya. Meskipun secara umum dalam periode lama emas akan mengalami tren naik.
  • Modal yang diperlukan untuk memulai bisnis diecast tidak mahal. Karena modal yang paling penting adalah pengetahuan anda tentang value yang dimiliki oleh masing-masing seri. Anda bisa mulai dengan mencari diecast di toko-toko mainan atau hipermarket terdekat, dan pilih produk yang value nya tinggi. Meski harga resminya 24.900, anda bisa menjual lagi di harga 30 ribu keatas tergantung value dari masing-masing item. Hal ini berbeda dengan membeli Emas dimana anda perlu minimal 500ribu untuk membeli 1 gram emas (yang juga cukup susah dicari karena emas batangan dalam bentuk 1gram tidak dicetak dalam jumlah banyak).

Dengan sederet kelebihan yang tersemat pada mainan diecast, terbukalah peluang usaha yang menggiurkan untuk dicoba. Namun rumusnya tetap sama : menjalankan bisnis ini memerlukan product knowledge yang tinggi. Jika tidak, maka anda bisa salah langkah. Bisa jadi anda memiliki diecast yang sebenarnya bisa dijual tinggi namun anda menjualnya dengan harga rendah dan sebaliknya.

Lalu, bagaimana kiat jitu memulai bisnis diecast  bagi pemula ?  

Simak di artikel kami berikutnya. Terus ikuti informasi peluang usaha & waralaba di iWaralaba.com

Jangan lupa follow Twitter kami di @iwaralaba

Selamat Berbisnis.

CEK INFO PELUANG USAHA MODAL KECIL

Leave a Reply

CommentLuv badge