Mengintip Gurihnya Peluang Usaha Mainan Diecast (Bag.1)

Mengintip Gurihnya Peluang Usaha Mainan Diecast

Diecast adalah istilah yang populer dipakai untuk merujuk pada mainan replika mobil alias mainan mobil-mobilan. Tidak sembarang mainan, Diecast lebih ditujukan pada mainan replika mobil yang menggunakan bahan metal dan plastik. Mainan jenis diecast ini sering ditemui di supermarket atau toko-toko mainan. Konon, bisnis diecast mampu menyamai investasi sekelas Logam Mulia. Segurih apa bisnis diecast ini ?

Didit, 27 tahun, adalah salah satu pelaku bisnis yang menjual diecast melalui Facebook. Usai resign dari tempatnya bekerja, Didit mencari-cari peluang usaha untuk dikerjakan sendiri. Dan Diecast jadi pilihan karena dia melihat distribusi mainan ini menembus sampai level minimarket semacam Indomaret. Keputusannya tidak salah. Bermodal awal tabungan sebesar Rp 5 juta Didit membeli diecast sejumlah 250 item dari Ebay dengan sistem lelang. Sesampainya di Indonesia, dia menjualnya dengan sistem yang sama, yaitu lelang di Facebook. Dalam waktu 7 hari, Didit berhasil menjual 80% produknya dengan nilai omset lebih dari 8 juta. Keuntungan hasil lelang ini digunakan Didit untuk menambah modal usahanya dengan membeli lebih banyak diecast. Hingga 3 bulan sejak pertama kali dia berbelanja, Didit telah mengantongi omset hingga 30 juta sebulan.

Diecast bukan sekedar mainan. Produk ini sangat tajam membidik segmennya, yaitu Kolektor. Mainan mobil yang bentuknya mirip dengan aslinya ini sangat digandrungi oleh banyak kalangan, sebagian besar pria. Tak jarang, seorang kolektor rela mengeluarkan uang hingga jutaan rupiah hanya untuk membeli 1 diecast yang diincarnya.

Ya, ketika sebuah produk bergeser dari produk sekunder / tersier menjadi produk Hobi atau koleksi, maka saat itu value produk meningkat drastis. Jika di toko mainan harga sebuah diecast berkisar antara 20-30ribu, maka di kalangan kolektor harga produk ini bisa melambung jauh diatasnya. Inilah yang menjadikan diecast memiliki peluang usaha yang tidak bisa diremehkan.

Market yang dibidik oleh peluang usaha mainan diecast ini ada 3 kelompok : Anak-anak, Kolektor, dan Pembalap. Ya, Diecast pun ada balapannya dan banyak sekali peluang usaha disana (akan dibahas di artikel lainnya).

Peluang Usaha Mainan Diecast

Ada banyak jenis dan merk diecast. Sebut saja Hotwheels, Matchbox, Majorette, Kinsmart, RMZ, Kyosho, Auto Art, dan masih banyak lagi. Sebagian besar diecast yang diburu adalah yang memiliki brand populer, sebab brand-brand besar ini memproduksi diecast dengan detail yang cukup rapi, bahkan mendekati mirip dengan mobil aslinya. Jumlah produksinya pun dibuat terbatas per 1 varian, sehingga menjadikan diecast barang yang layak dikoleksi.

Dengan sederet value diatas, Peluang Usaha Mainan Diecast menjadi peluang yang cukup potensial. Beberapa faktor berikut bisa jadi pertimbangan :

  • Jumlah kolektor bertambah tiap tahunnya
  • Produk diecast adalah produk Limited, sehingga makin lawas item nya makin tinggi harganya
  • Harga Diecast terus mengalami kenaikan bersamaan dengan naiknya inflasi. Bahkan, kenaikannya seringkali dipakai oleh sebagian kolektor sebagai medium investasi yang keuntungannya mampu mengalahkan investasi logam mulia.

Salah satu contoh nyata yang terjadi : sebuah diecast merk Hotwheels yang merupakan replika dari mobil Italia, Bugatti Veyron, ketika awal diedarkan harganya tak sampai 20 ribu. Namun ketika Hotwheels memutuskan menghentikan kerjasama dengan Bugatti dan tidak lagi mencetak replikanya, harganya sampai sekarang berada di kisaran 200 – 250 ribu.

Untuk memulai bisnis ini, anda perlu menguasai product knowledge guna mengetahui diecast mana yang punya nilai lebih tinggi dari harga aslinya dan siapa saja target marketnya. Kebanyakan penjual diecast menggunakan Facebook sebagai sarana pemasaran. Selain lebih fleksibel, di Facebook sendiri berderet puluhan bahkan ratusan komunitas diecast yang selalu berinteraksi dengan sesama kolektor.

Bagaimana dengan Modal untuk mulai menjalankan bisnis ini ? Bagaimana strategi penjualannya ? Bagaimana kiat mengenali produk-produk diecast yang cepat laku ?

 

Simak di Artikel Berikutnya….

jangan Lupa Follow Twitter kami di @iwaralaba

Selamat Berbisnis.

CEK INFO PELUANG USAHA MODAL KECIL

Leave a Reply

CommentLuv badge