Peluang Budidaya Jahe Merah

Budidaya jahe merah | Jahe merah merupakan salah satu keluarga dari jahe yang memiliki rasa lebih pedas dan bentuk yang lebih ramping dibandingkan jahe-jahe yang lain, namun jahe merah memiliki khasiat untuk kesehatan yang jauh lebih baik dibandingkan jahe lainnya. Oleh karena itu peluang usaha mencoba membahas cara mendapatkan uang dari budidaya jahe merah.

Jahe merah memiliki khasiat sebagai berikut:

  • Sebagai obat herbal.
  • Sebagai antioksidan, antiiflamasi, analgesik, anti kanker, dan penguat fungsi jantung.
  • Pencegah obesitas.
  • Anti diare dan mual.
  • Anti hiperlipidemia (lemak berlebihan).
  • Melancarkan aliran darah.
  • Obat untuk kolesterol.
  • Dan dapat pula dipergunakan untuk obat flu dan sakit kepala serta migran.

Jahe merah selain memberikan berbagai khasiat juga bisa mendatangkan uang bagi orang yang membudidayakannya. Para pembuat minuman maupun obat yang berbahan baku herbal pasti akan membutuhkan jahe merah ini ke dalam racikannya, inilah yang bisa menjadi pasar untuk jahe merah selain tentu saja dijual ke koperasi pertanian.

budidaya jahe merah

budidaya jahe merah

Mengapa Budidaya Jahe Merah dapat Diandalkan?

Untuk memulai tanam jahe merah kita dapat menggunakan bibt jahe yang siap tanam atau bertunas dengan tinggi 5 sampai 10 cm. Jahe merah merupakan tanaman yang dapat hidup di ketinggian 0 – 2000 m.dpl. sehingga cakupan tempat budidaya tanaman begitu luas. Teknis budidayanya yang begitu mudah cukup menggunakan polybag ataupun karung pun jadi, sehingga tempat yang dibutuhkan untuk meletakan tanaman jahe merah ini tidak perlu besar dan luas. Setelah itu tanamlah bibit tersebut dan rawatlah paling lama delapan bulan kemudian kita bisa menikmati hasil tanam bibit jahe tersebut.

Harga jual yang cukup tinggi walaupun ada penurunan dibandingkan tahun-tahun lalu. Namun, apabila dihitung secara ekonomis masih cukup tinggi. Biaya perawatan yang cukup rendah. Belum banyak yang melakukan budidaya ini sehingga masih terbuka lebar untuk mendapatkan peluang menikmati keuntungan yang cukup tinggi.

Dalam pemasaran dalam negeri, permintaan jahe merah pun cukup tinggi terutama pada kota-kota besar yang mempunyai banyak pedagang minuman jahe. Sebagai contoh kota Yogyakarta. Di kota ini banyak sekali pedagang angkringan yang setiap harinya memerlukan jahe merah untuk membuat minuman andalan pendamping nasi kucing. Anda dapat memanfaatkan ini sebagai tempat pendistribusian hasil panen. Jika anda sudah mempunyai hasil panen besar dan berkelanjutan tidak ada salahnya untuk menjadi pemasok pabrik pembuat minuman jahe kemasan. Dengan menjadi pemasok pabrik, anda tinggal meningkatkan kualitas panen dan kuota yang diinginkan pabrik tersebut. Jadi, keuntungan akan berkelanjutan dan konsisten.

Peluang usaha jahe merah sangat menggiurkan seiring meningkatnya trend obat herbal

Selain peluang usaha di atas, menanam jahe merah juga dapat digunakan sebagai apotek keluarga. Kita dapat memanfaatkan khasiatnya kapan saja. Semoga bermanfaat informasi ini dan selamat berwirausaha.

CEK INFO PELUANG USAHA MODAL KECIL

Leave a Reply

CommentLuv badge