Peluang Usaha Bengkel Sepeda Motor

Peluang usaha bengkel sepeda motor | sampai sekarang masih sangat cerah, karena makin tahun bukan makin berkurang orang yang menggunakan sepeda motor malah justru bertambah. Karena sepeda motor sudah dianggap sebagai kendaran yang murah meriah.

Coba kita lihat sehari-hari di jalanan, bagaimana banyaknya sepeda motor yang berlalu lalang di jalanan bahkan kalau lagi berhenti entah karena macet atau lampu lalu lintas di jalanan bisa dikatakan sepeda motor seperti semut yang mengelilingi mobil tanpa ada celah sedikit pun.

Sepeda motor sangat disukai karena untuk membawa pulang sepeda motor yang baru dari suatu dealer motor tidaklah sulit, cukup membayar uang muka Rp. 500  ribu sepeda motor dapat di bawa pulang. Selain itu konsumsi bahan bakarnya sangat kecil rata-rata 1 liter bisa untuk 40 kilo meter, coba bandingkan dengan mobil yang 1 liter bensin hanya cukup untuk 10 kilo meter. Jadi, menggunakan motor untuk berkendara lebih hemat bahan bakar dan efisien.

Peluang Usaha Bengkel Sepeda Motor

Dengan terus meningkatnya pengguna sepeda motor, maka peluang usaha bengkel motor semakin terbuka lebar. Karena perawatan sepeda motor secara rutin pasti diperlukan untuk menjaga motor agar tetap enak dikendarai dan tidak mudah rusak. Perawatan rutin yang sering dilakukan oleh setiap pemilik sepeda motor adalah mengganti oli mesin. Anda dapat mengambil keuntungan dari penjualan oli dan ongkos penggantiannya.

Selain itu, sebagian para pemilik sepeda motor juga akan memanfaatkan motornya untuk mencari nafkah melalui perdangan dan biasanya barang yang dibawa melebihi kapasitas standar kekuatan motor. Membawa barang dan penumpang jumlah banyak pun berakibat lebih cepat rusaknya komponen atau onderdil di sepeda motor itu sendiri. Umur semua onderdil di sepeda motor tersebut akan semakin cepat karena melebihi kemampuan dari onderdil itu sendiri.

peluang usaha bengkel sepeda motor

peluang usaha bengkel sepeda motor

Selanjutnya, sebagian masyarakat biasanya lebih suka untuk mengontrol keadaan motornya di bengkel-bengkel yang sudah ada daripada harus rutin datang ke dealer resmi penjualan motor. Banyak alasan yang membuat mereka cenderung malas, seperti harus antri lama dengan pelanggan lainnya, barang onderdil biasanya lebih mahal dari bengkel di pasaran karena onderdil asli, letak dealer cukup jauh dari kediaman dan harus terjebak dalam kemacetan (bila di daerah kota) hanya untuk service motor.

Jadi, membuka bengkel sepeda motor merupakan prospek yang bagus bukan? Banyak cara yang dapat dilakukan untuk membuka bengkel sepeda motor diantaranya :

– Membuka bengkel sepeda motor melalui waralaba, siapkan saja dana dan mencari di situ atau majalah tentang waralaba, maka kita akan mendapatkan data lengkap mengenai modal yang dibutuhkan dan apa saja yang akan kita dapatkan, kita cukup menyiapkan tempat dan modal uang saja.

Cara yang kedua adalah kita berusaha sendiri artinya sangat disarankan kita  mengikuti kursus atau pelatihan tentang service sepeda motor,  sangat disarankan mencari tempat kursus atau pelatihan yang sudah memiliki reputasi dan mengeluarkan sertifikat. Jika anda tidak ingin mengambil kursus resmi, anda dapat bergabung terlebih dahulu ke dalam bengkel yang sudah jadi dan belajar dengan langsung praktek di tempat tersebut. Namun, kelemahannya anda harus siap menerima teguran dari pemilik bengkel karena anda masih dalam tahap belajar.

Demikian sedikit ulasan tentang peluang usaha bengkel sepeda motor, semoga dapat menginspirasi dan menjadikan salah satu peluang usaha yang menguntungkan bagi anda. Salam Wirausaha !

CEK INFO PELUANG USAHA MODAL KECIL

Leave a Reply

CommentLuv badge