Peluang Usaha Bisnis Laundry

Peluang Usaha Bisnis Laundry | Kali ini mencoba mengulas tentang peluang usaha laundry atau binatu, usaha yang hampir dibilang tanpa modal. Mengapa dibilang tanpa modal? karena usaha jasa laundry ini bisa kita lakukan dalam beberapa model usaha tergantung kesiapan kita mampu masuk model yang mana.

Mengenakan baju yang bersih, wangi, dan rapi tentu akan membuat seseorang menjadi tambah semangat dan meningkatkan kepercayaan diri kita juga. Dan semua orang menginginkan mengenakan baju yang bersih, wangi dan rapi.

peluang usaha jasa laundry

peluang usaha jasa laundry

Peluang usaha bisnis laundry dapat dijadikan bisnis besar yang menguntungkan.

Namun untuk mendapatkan baju yang bersih, wangi dan rapi layaknya baju yang baru dibeli tentulah tidak mudah apalagi kalau sudah terkena noda apapun nodanya.Untuk itu dibutuhkan seseorang yang ahli dalam hal tersebut, orang yang ahli tersebut kita kenal sebagai jasa laundry pakaian.

Peluang Usaha Bisnis Laudry

Model usaha yang pertama adalah kita menjadi seorang agen laundry, model ini kita sama sekali tanpa modal. Tugas kita adalah menerima pakaian kotor-memeriksanya apakah ada yang rusak bila ada yang rusak harus kita beritahu ke pada konsumen kita agar dikemudian hari tidak ada masalah.

Setelah memeriksa dan barang dalam keadaan baik barulah kita membuat nota penerimaan barang dan kemudian kita satukan nota dan barangnya. Dan saat petugas laundry datang kita serahkan barang tersebut. Dan saat petugas laundry datang kembali di hari yang lain, kita akan menerima barang yang telah selesai di cuci dan menyerahkan barang yang kotor lagi.

Untuk menjadi agen laundry, caranya cukup mudah silahkan coba ada lihat sekitar anda apakah ada tetangga atau orang yang dekat dengan anda membuka jasa laundry. Bila ada coba anda mencuci satu atau beberapa potong  pakaian untuk di laundry.

Tujuan dari mencuci tersebut ada dua :

  • Pertama, kita melihat hasil cucian dari tempat laundry tersebut apakah bagus atau tidak. Bila bagus kita bisa masuk tahap berikutnya.
  • Kedua, untuk mendapatkan nomer telephone pusat laundry tersebut. Umumnya apabila kita menjadi agen maka kita di berikan nota yang sudah tercantum nama laundry pusat, alamat, dan nomer telephonenya.

Kita bisa menghubungi mereka dan mengajak kerja sama, umumnya mereka bersedia dan mereka akan memberikan papan nama laundry dan buku nota untuk penerimaan laundry tersebut.

Model kedua,  kita harus berinvestasi membeli peralatan laundry. Kita bisa membuka laundry dengan sistem koin, maksudnya kita menyediakan mesin cuci dan apabila orang yang ingin mencuci bisa membeli koin  yang kita jual dan memasukan ke mesin laundry tersebut. Kita bisa pula menambah dengan jasa menggosok pakaian serta pengeringan pakaian.

Model ketiga, ini membutuhkan modal yang lebih besar lagi karena kita menjadi pengusaha laundry yang artinya kita harus berinvestasi untuk peralatan laundry, jadi bukan sekedar mesin cuci saja tapi semuanya peralatannya. Selain itu kita juga membutuhkan surat perijinan, menyediakan tempat yang cukup besar untuk menyimpan pakaian yang kotor dan yang sudah jadi serta untuk mengeringkan pakaian. Jangan lupa untuk membuat badan usaha seperti CV atau sejenisnya jika anda ingin serius membangun jasa laundry untuk cakupan yang lebih luas.

Usaha ini layak untuk anda jadikan bisnis yang serius karena jasa laundry menjadi salah satu jasa yang dibutuhkan oleh setiap rumah tangga, karena kesibukan dan keterbatasa waktu yang dimiliki masyarakat saat ini, sehingga tidak sempat untuk mencuci baju. Peluang ini akan semakin berkembang dengan semakin bertambahnya jumlah penduduk di sekitar tempat usaha anda.

CEK INFO PELUANG USAHA MODAL KECIL

Leave a Reply

CommentLuv badge