Peluang Usaha Budidaya Ikan Air Tawar

Budidaya Ikan Air Tawar | Ikan air tawar adalah jenis ikan yang bisa dibudidayakan dan bisa dijadikan sebagai bisnis. Seperti yang kita ketahui bahwa daging ikan memiliki kandungan gizi yang baik dan diperlukan oleh tubuh. Ikan dipandang sebagai makanan yang menghasilkan protein hewani yang baik disbanding sumber makanan lainnya. Dalam daging ikan juga terdapat omega-3 yang sangat berguna bagi perkembangan kecerdasan yang sangat baik dikonsumsi terutama oleh anak-anak. Selain itu omega-3 juga dapat menekan kolesterol dalam darah.

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang budidaya ikan air tawar, meliputi peluang usahanya, persiapan, resiko yang mungkin dihadapi, serta prospeknya di tahun 2014 ini.

peluang usaha budidaya ikan air tawar

peluang usaha budidaya ikan air tawar

Peluang usaha budidaya ikan air tawar di tahun 2014

Potensi usaha ikan air tawar ini memang sangat menarik. Pada tahun 2011 konsumsi ikan perkapita penduduk dunia mencapai 19,6 kg per tahun. Dan diprediksi bahwa pada tahun 2021 kebutuhan ikan air tawar akan mencapai angka 172 juta ton per tahun. Data tersebut dirilis oleh Bidan Pangan PBB pada tahun 2011.

Data-data  diatas tentu sangat menarik bagi anda yang memang sudah ingin menggeluti bidang ini. Belum lagi jika ditambah statistic tingkat konsumsi ikan di Indonesia yang per tahun naik hingga 16,7 persen. Anda perlu memahami bahwa kenaikan per tahun berarti peluang perkembangan usaha lebih besar. Karena yang diukur adalah prosentase kenaikannya.

Walaupun di Indonesia sudah ada banyak sekali kolam budidaya ikan air tawar, namun hal ini tidak lantas mencegah anda untuk memulai bisnis tersebut. Meski sudah banyak supplier tetapi berdasarkan fakta bahwa permintaan pasar terus meningkat. Oleh karena itu tidak masalah jika usaha ini memiliki banyak pesaing. Yang jelas anda juga bersaing dengan mereka dengan sportif. Untuk merebut atau pelanggan dari pesaing anda bisa dengan menambahkan sesuatu yang berbeda di bisnis anda. Namun tetap dilakukan dengan sportif dan professional.

Detail usaha Ikan Tawar

Usaha budidaya ikan tawar ini ada berbagai macam, ada yang membudidayakan ikan lele, ada juga yang membudidayakan ikan nila, dan macam-macam. Untuk jenis ikan air tawar ada lumayan banyak. Ada ikan lele, ikan bawal, ikan nila, ikan gurame, dan lain-lain.

Sebelum memulai usaha tersebut ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, diantaranya adalah uang. Tentu saja anda membutuhkan uang sebagai modal untuk membeli tanah bagi yang belum memiliki tanah. Juga untuk biaya pembuatan kolam, pengelolaan kolam, bagian kebersihan, dan lain-lain. satu lagi adalah untuk benih atau bibit ikan tawar. Untuk panen sendiri jika kolam lele maka bisa melakukan hasil panen.

Budidaya ikan air tawar merupakan peluang usaha yang mempunyai permintaan tinggi di pasaran

Demikian sedikit ulasan tentang peluang usaha budidaya ikan air tawar, terutama di tahun 2014 ini karena seperti data diatas tentang prediksi kenaikan permintaan pasar. Semoga bermanfaat

CEK INFO PELUANG USAHA MODAL KECIL

Leave a Reply

CommentLuv badge