Peluang Usaha Budidaya Ikan Gurame

Peluang Usaha Budidaya Ikan Gurame

Budidaya Ikan Gurame | apa yang anda ingat atau pikirkan apabila ada kata ikan gurame ? kalau kami makanan, ya benar ikan gurame paling banyak di kenal sebagai salah satu jenis makanan terutama makanan chinese food atau makanan khas China.

Namun tahukah kita, ikan gurame yang kita santap itu merupakan hasil ternak atau budidaya dari para peternak ikan. Mereka lah yang umumnya mensuplai baik pasar, supermarket, hotel serta restoran. Orang-orang menyukai berternak ikan gurame karena ikan jenis ini pasokannya masih sedikit sedangkan permintaan sangat banyak, sehingga tentu saja terjadi hukum ekonomi pasokan sedikit tapi permintaan banyak maka harga ikan gurame di pasaran cukup tinggi.

Selain tentu saja perawatan yang jauh lebih mudah dibandingkan ikan-ikan yang lain. Namun, tentu saja ada kelemahan yaitu lamanya kita dapat menikmati hasil dari budidaya ikan gurame ini. Untuk awal paling tidak dibutuhkan waktu satu tahun baru dapat merasakan hasilnya. Tapi, tidak perlu khawatir karena pada tahun ke dua seiring dengan banyaknya ikan dewasa membuat pertambahan bibit ikan dan perkembangannya semakin cepat. Bahkan dapat menghasilkan panen 2 sampai 3 kali dalam 1 tahun.

peluang usaha budidaya gurame

peluang usaha budidaya gurame

Pada umumnya berternak ikan gurame mulai dari kecil hingga besar, dan mengkawinkan antara ikan gurame yang satu dengan yang lain untuk mendapatkan ikan yang bibit unggul. Memberi makan yang bergizi sehingga hasil ikan yang dipanen besar-besar dan tahan penyakit.

Dalam budidaya ikan apapun ikannya musuh utama dari budidaya ini adalah penyakit. Apabila di dalam satu kolam terdapat ikan yang terkena wabah penyakit bisa dipastikan dalam waktu yang tidak terlalu lama maka seluruh ikan dalam kolam terkena juga, dan ini bisa menimbulkan kerugian yang sangat besar.

Budidaya ikan gurame dapat dilakukan dengan modal besar maupun kecil, karena tempat yang dibutuhkan dapat disesuaikan dengan modal yang kita miliki. Bila kita masih kecil modalnya kita bisa menggunakan lahan yang ada. Cukup dengan ukuran lahan 1 meter persegi dan kedalaman 90 cm, maka sebuah kolam ikan gurame telah tersedia dan dapat menampung 10 ekor ikan gurmae berbobot 2.5 ons. Setelah ikan itu mencapai bobot 6 atau 7 ons barulah dapat kita jual. Untuk mencapai bobot 6 atau 7 ons ini dibutuhkan waktu paling tidak 5 sampai 6 bulan dan baru bulan ke 7 kita dapat menjualnya.

Ikan gurame ini pun untuk pemasarannya tidaklah sulit karena banyak hotel dan restoran yang telah menyajikan ikan gurame sebagai salah satu menu wajibnya. Karena merupakan salah satu menu favorit bagi setiap tamu yang datang. Anda tertarik dengan peluan ini? Saatnya untuk mencoba, karena disamping sebagai bisnis mempunyai kolam ikan juga dapat digunakan sebagai refreshing ketika anda suntuk setelah bekerja seharian. Semoga bermanfaat dan salam wirausaha!

CEK INFO PELUANG USAHA MODAL KECIL

Leave a Reply

CommentLuv badge