Peluang Usaha Budidaya Jambu Mete

Peluang Usaha Budidaya Jambu Mete. Pada kesempatan kali ini akan dibahas usaha budidaya jambu mete, bagaimana peluang usahanya? Bagaimana prospek kedepannya? Apa saja yang harus dipersiapkan?

Sebelumnya kita akan mengenal lebih dulu tentang jambu mete, Jambu mede dibudidayakan untuk dimanfaatkan buah geluknya. Secara botani buah geluk itulah buahnya, sedangkan buahnya yang berdaging itu adalah tangkai buah yang membengkak dan berdaging. Inti bijinya dapat diekstrak dengan cara mengupas buah geluk yang dipanaskan. Di sentra produksinya jambu mete ini berfungsi sebagai makanan. Di mana-mana jambu mete merupakan makanan yang lezat. Buah geluknya berisi minyak yang berkualitas tinggi. Dan bungkil yang tertinggal setelah proses ekstraksi digunakan sebagai pakan.

peluang usaha budidaya jambu mete

peluang usaha budidaya jambu mete

Peluang Usaha Budidaya Jambu Mete

Usaha budidaya jambu mete ini terbilang cukup besar. Prospek kedepannya pun bagus. Walaupun usaha ini rame di bulan-bulan tertentu seperti saat hari raya idul fitri. Buah jambu mete biasa diolah menjadi camilan atau makanan ringan. Pada hari raya banyak orang yang menyajikan biji mete sebagai sajian di rumah mereka. Dari situlah peluang bisnis jambu mete, karena produsennya pun terhitung tidak tinggi.

Jambu mete dapat dikreasikan menjadi berbagai jenis makanan ringan atau camilan. Seperti yang kita tahu bahwa salah satu hobi orang Indonesia adalah mengemil. Hal ini tentu menjadi peluang tersendiri bagi produsen makanan ringan. Lantas apa hubungannya dengan usaha budidaya jambu mete? Tentu saja arena jambu mete menjadi bahan dasar pembuatan cemilan kacang mete.

Pengetahuan dan persiapan

Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum anda memulai budidaya jambu mete ini. Diantaranya adalah pengetahuan dasar mengenai budidaya jambu mete. Pembudidayaan jambu mete membutuhkan suhu yang tinggi. Selain itu juga butuh curah hujan yang merata. Sebaiknya anda juga mempelajari pedoman budidaya. Semakin anda ahli dalam budidaya jambu mete, semakin banyak produksi jambu mete anda dan semakin besar omset yang bisa dihasilkan. Di samping kedua persiapan di atas, hal lain yang perlu diperhatikan adalah masalah pemeliharaan pohon jambu mete dari hama dan penyakit, mengetahui masa panen dan pasca panen, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan budidaya tanaman.

Ada beberapa manfaat yang bisa kita peroleh dari jambu mete. Dari tanaman jambu mete ini, hampir semua bagian tanaman tersebut dapat di ambil manfaatnya mulai dari akar, batang, daun, dan buahnya. buah yang tidak terolah dapat dijadikan pakan ternak. Bagian yang dikenal sebagai biji dapat diolah langsung seperti di goreng ataupun sebagai bahan campuran dalam pembuatan kue atau panganan lain. Dari kacang mete juga dapat di ekstrak minyak yang berkualitas tinggi. Kulit kayu jambu mete mengandung cairan berwarna coklat. Akar jambu mete berkhasiat sebagai pencuci perut. Daun Jambu mete yang masih muda dimanfaatkan sebagai lalap, terutama di daerah Jawa Barat.

Baca juga materi tentang peluang usaha lain di iWaralaba.com

CEK INFO PELUANG USAHA MODAL KECIL

Leave a Reply

CommentLuv badge