Peluang Usaha Budidaya Lidah Buaya

Peluang Usaha Budidaya Lidah Buaya. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang budidaya lidah buaya. Bagaimana peluang usahanya? Apa saja yang perlu dipersiapkan? Bagaimana prospek kedepannya? Namun sebelum itu kita perlu untuk sedikit mengenal tentang lidah buaya.

Sampai saat ini ada sekitar 240 jenis lidah buaya (aloevera) yang diketahui para peneliti. Dari jumlah tersebut tidak semua bisa dimanfaatkan manusia karena sebagian jenis tanaman sukuLiliceae ini, memang beracun. Konon hanya 4 jenis yang biasa digunakan. Di antaranya Aloe barbadensis. Asalnya dari Pulau Barbados Amerika Tengah. Jenis yang ini memiliki kandungan terbaik dan banyak digunakan dalam berbagai industri.

budidaya lidah buaya

budidaya lidah buaya

“Peluang usaha budidaya lidah buaya juga cocok untuk anda yang ingin memanfaatkan lahan kosong sebagai penghasilan tambahan”

Melalui berbagai penelitian diketahui lidah buaya memiliki 11 kandungan yang bermanfaat. Beberapa di antaranya yaitu asam amino, antrakuinon, enzim, hormon, mineral, asam salisilat, sterol, gula, dan vitamin. Karena begitu banyaknya zat yang terkandung di dalamnya, lidah buaya sering disebut-sebut sebagai tanaman ajaib. Hal itu pulalah yang menyebabkan aloevera memiliki nilai komersial yang cukup tinggi.

Peluang Usaha Budidaya Lidah Buaya

Setelah kita mengenal lidah buaya tentu kita mengerti apa saja manfaat dari tanaman ini. Karena banyaknya manfaat yang dimiliki oleh tumbuhan ini, tidak heran jika banyak orang yang mencari tanaman ini. Walaupun sebagian orang menanamnya sendiri di depan rumah. Untuk itu bisa dibilang peluang usaha budidaya tanaman lidah buaya masih terbuka lebar. Prospek kedepannya pun bagus.

Yang perlu anda persiapkan untuk memulai usaha ini adalah lahan yang cukup untuk menanam lidah buaya. Selain itu anda juga membutuhkan pengetahuan dasar bagaimana cara menanam dan merawat lidah buaya yang baik. Langkah pertama adalah menyiapkan lahan. Siapkan lahan yang sudah dibajak. Lalu dibaukan saluran drinase an bendengan. Bendengan dibuat dengan ukuran 1meter kali 2meter dan tinggi 30cm hingga 40 cm. Langkah kedua adalah dengan melakukan pembibitan. Pembibitan dilakukan dengan cara vegetatif. Maksudnya bibit diambil dari tanaman induk berupa anakkan dengan jalan dicongkel dan diusahakan agar akarnya tidak putus. Anakan yang telah di dapatkan ditanam dalam polibag. Lama pembibitan berkisar antara tiga hingga lima bulan.

Setelah masa pembibitan mencapai waktu yang ditentukan, kemudian bibit tanaman lidah buaya ditanam dalam lubang dengan kedalaman kurang lebih 10 cm. Pada waktu penamanan diusahakan agar tanaman lidah buaya tidak berhimpitan. Langkah keempat Pemeliharaan tanaman lidah buaya dilakukan dengan cara memasukan pupuk kandang kuramg lebih dua sampai lima kilogram dalam waktu 1-2 minggu sebelum ditanam. Kemudian setelah pasca tanam dapat diberikan pupuk Urea dan Furadan. Lidah buaya sudah dapat dipanen pada umur delapan bulan sampai satu tahun setelah tanam.

 Demikian beberapa hal tentang usaha budidaya lidah buaya. Yang terpenting dari semua itu adalah bagaimana anda merawat tanaman lidah buaya. Semakin banyak lidah buaya yang dihasilkan, semakin besar pula omset yang didapatkan.

CEK INFO PELUANG USAHA MODAL KECIL

Leave a Reply

CommentLuv badge