Peluang Usaha Budidaya Tanaman Herbal

Peluang Usaha Budidaya Tanaman Herbal – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang usaha budidaya tanaman herbal meliputi peluang usahanya, bagaimana prospek kedepannya? Serta persiapan dan resiko yang akan dihadapi. Sebelum itu akan diulas sedikit tentang tanaman herbal itu sendiri.

Tanaman herbal biasa dikenal dengan tanaman obat. Ada banyak sekali jenis tanaman di Indonesia yang bisa dijadikan obat dan termasuk dalam tanaman herbal.  Indonesia sendiri yang terletak didaerah tropis memiliki keunikan dan kekayaan hayati yang sangat luar biasa, tercatat tidak kurang dari 30.000 jenis tanaman obat yang tumbuh di Indonesia walaupun yang sudah tercatat sebagai produk Fitofarmaka [bisa diresepkan] baru ada 5 produk dan produk obat herbal terstandar baru ada 28 produk. Terlihat potensi yang masih belum digali masih sangat besar dalam pengembangan obat herbal terutama yang merupakan produk herbal asli Indonesia.

budidaya tanaman herbal

budidaya tanaman herbal

Peluang Usaha Budidaya Tanaman Herbal

Diantara jenis tanaman herbal yaitu Temulawak, kunyit, kencur dan jahe yang merupakan kelompok tanaman rimpang-rimpangan (Zingiberaceae) mempunyai potensi yang sangat besar untuk digunakan dalam hampir semua produk obat tradisional (jamu) karena paling banyak diklaim sebagai penyembuh berbagai penyakit masyarakat modern (degeneratif, penurunan imunitas, penurunan vitalitas). Sedangkan purwoceng sangat potensial untuk dikembangkan sebagai komplemen dan substitusi ginseng impor sehingga dapat menghemat devisa negara.

Produk yang dihasilkan dari tanaman temulawak, kunyit, kencur dan jahe adalah produk setengah jadi (simplisia, pati, minyak, ekstrak), produk industri (makanan/minuman, kosmetika, farmasi, IKOT dan IOT), produk jadi (sirup, instan, bedak, tablet dan kapsul). Sedangkan untuk purwoceng, produk setengah jadi berupa simplisia dan ekstrak, produk industri dalam bentuk jamu seduh, minuman kesehatan (IKOT/IOT), pil atau tablet/kapsul (farmasi).

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa tanaman herbal ini sangat diperlukan terutama di bidang kedokteran. Industry-industri obat membutuhkan tanaman herbal sebagai bahan dasar pembuatan obat. Oleh karena itu untut usaha menjual tanaman herbal ini peluangnya masih sangat terbuka lebar. Untuk rintisan anda bisa menjualnya kepada tetangga, teman atau kenalan anda untuk dijadikan obat tradisional. Namun untuk jangka panjang anda bisa memiliki perkebunan tanaman herbal yang mensuplai tanaman herbal ke pabrik-pabrik obat di daerah anda.

Tingginya permintaan terhadap tanaman herbal ini membuat mereka rela mendistribusikan tanaman herbal dari daerah-daerah tertentu. Jika di daerah anda terdapat beberapa produser jamu atau obat herbal tidak ada salahnya anda mencoba menawarkan tanaman herbal anda kepada mereka.

Usaha budidaya tanaman obat ini memiliki prospek yang bagus kedepannya. Karena seperti yang kita tahu bidang kesehatan atau kedokteran tidak akan pernah mati karena berhubungan langsung dengan kebutuhan hidup manusia. Oleh sebab itu industri atau usaha apapun yang ada dalam ruang lingkup medis tidak akan pernah kehilangan pelanggan.

CEK INFO PELUANG USAHA MODAL KECIL

Leave a Reply

CommentLuv badge