Peluang Usaha Budidaya Tanaman Hias

Peluang Usaha Budidaya Tanaman Hias | Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai usaha budidaya tanaman hias. Bagaimana peluangnya? Bagaimana prospek kedepannya? Apa saja yang harus dimiliki dan dipersiapkan untuk memulai usaha ini?

Budidaya tanaman hias menjadi salah satu jenis usaha yang memiliki peluang yang cukup besar. Bila dilakukan secara serius dan telaten, usaha ini bisa mendatangkan keuntungan  yang besar. Terlebih usaha ini bisa dijadikan sebagai pekerjaan sampingan. Budidaya tanaman hias bukanlah usaha yang dilakukan dalam waktu sekejap. Berbagai persoalan baik teknis maupun non teknis seringkali menjadi penghadang.

peluang usaha budidaya tanaman hias

peluang usaha budidaya tanaman hias

Peluang usaha budidaya tanaman hias umumnya dimulai karena hobby atau kecintaan terhadap tanaman hias.

Para pengusaha di bidang budidaya tanaman hias umumnya bermula dari kecintaant terhadap tanaman, tanaman sebagai hobby pengisi waktu luang, dengan semakin bertambah jumlah tanaman hias yang dimiliki beberapa orang kolektor tanaman hias akhirnya menjadikan hobby budidaya tanaman hias menjadi bisnis yang sangat menguntungkan.

Peluang Usaha Budidaya Tanaman Hias Menarik

Usaha budidaya tanaman ini bisa dibilang memiliki peluang yang cukup besar. Pasalnya pengusaha budidaya tanaman di sekitar kita masih sedikit, kecuali komunitas desa budidaya tanaman hias. Jika daerah anda belum ada pengusaha budidaya tanaman hias maka anda bisa memanfaatkan peluag tersebut.  Masalah konsumen atau pasar, anda tidak perlu khawatir. Peminat tanaman hias kebanyakan adalah wanita dan ibu-ibu rumah tangga yang ingin mempercantik halaman rumahnya.

Ketika anda akan melaukan budidaya tanaman hias, sebaiknya dilakukan di lahan yang luas. Jika tidak memiliki lahan luas untuk budidaya tanaman, bisa juga diakali dengan menanam tanaman pada pot atau plastic. Media tanam merupakan komponen utama untuk bercocok tanam sehingga sebuah media tanam yang akan digunakan harus sesuai dengan jenis tanaman yang akan ditanam. Kesesuaian media tanam dengan jenis tanaman yang akan dibudidayakan memang akan menentukan keberhasilan pertumbuhan tanaman itu sendiri.

Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum memulai usaha budidaya tanaman hias. Diantaranya adalah :

– Bahan Organik

Yang termasuk dalam kategori bahan organik umumnya dari organisme makhluk hidup, seperti daun, batang, buah, dan lain-lain. Kelebihan bahan organik adalah mengandung unsur hara yang sangat diperlukan tanaman. Bahan organik memiliki pori-pori makro dan mikro yang hampir seimbang sehingga sirkulasi udara cukup baik. Beberapa jenis bahan organik yang dapat dijadikan media tanam, di antaranya arang, cacahan, kompos, moss, sabut kelapa, pupuk kandang, dan humus.

  • Karakteristik Media Tanam

Agar hasilnya bagus, sebaiknya penggemar tanaman hias mengenal karakteristik media tanam yang bisa jadi berbeda-beda dari setiap jenisnya. Hal ini mengingat masing-masing tanaman memang memiliki karakter yang berbeda. Kesuaian antara media tanaman dengan jenis tanaman, memberi peluang lebih besar untuk pertumbuhan tanaman hias secara normal. Sejauh ini memang ada dua jenis media tanam yaitu bahan organik dan anorganik. Keduanya tentu saja memiliki perbedaan.

  • Bahan Anorganik

Bahan anorganik adalah bahan yang memiliki kandungan unsur mineral tinggi dari pelapukan batuan induk di dalam bumi. Beberapa bahan anorganik yang biasa dijadikan media tanam adalah gel, pasir, batu, kerikil, spons, pecahan batu-batu, dan lain-lain.

Demikian menariknya bisnis ini sehingga sangat layak anda jadikan bisnis yang besar, terlebih lagi bila anda memiliki keahlian dalam mengembangkan jenis tanaman hias yang baru dan unitk, tentunya peluang usaha budidaya tanaman hias ini semakin menguntungkan. Berani mencoba?

CEK INFO PELUANG USAHA MODAL KECIL

Leave a Reply

CommentLuv badge