Peluang Usaha Jasa Pengetikan

Peluang Usaha Jasa Pengetikan | Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai peluang usaha jasa pengetikan. Mengapa pengetikan? Bagaimana bentuk peluangnya? Pada kenyataannya walaupun banyak orang yang memiliki komputer atau laptop, masih banyak orang yang memakai jasa pengetikan ini.

Mengapa usaha jasa pengetikan?

peluang usaha jasa pengetikan

peluang usaha jasa pengetikan

Alasannya adalah karena untuk usaha yang satu ini bisa dilakukan oleh siapa saja. Baik oleh pelajar, mahasiswa, ataupun orang dewasa. Syaratnya adalah bisa mengetik. Sangat sederhana bukan? Untuk target pemasaran yaitu para pelajar atau mahasiswa bahkan guru atau dosen. Rata-rata mereka lebih memilih mempercayakan hal itu di jasa pengetikan karena mereka sudah terlalu sibuk dengan tugasnya dan tidak sempat lagi mendigitalisasi tugasnya.

Satu lagi jenis pengguna usaha jasa pengetikan ini, mereka adalah orang biasa yang kurang atau tidak mengerti tentang komputer dan ketik mengetik. Yang seperti ini seringkali dijumpai di pedesaan dimana penduduknya tidak terlalu update masalah teknologi. Permintaannya pun aneh-aneh dan terkadang hampir mirip dengan memalsukan dokumen. Ada juga yang memang untuk kebutuhan komunitas desa atau yang lain.

Modal dan Persiapan

Setelah anda memutuskan untuk menjalankan jenis usaha ini, ada beberapa hal yang perlu anda persiapkan termasuk modal. Ada modal yang bersifat materi dan juga skill. Untuk modal yang bersifat skill tentu saja yang paling utama adalah kemampuan mengetik. Selain itu juga kemampuan untuk berwirausaha, bagaimana mengelola usaha atau bisnis. Bagaimana mengelola keuangan bisnis agar tidak rugi atau bangkrut.

Sedangkan untuk modal yang berupa materi selain uang adalah tempat dan peralatan. Sebagaimana usaha-usaha yang lain, tempat juga berpengaruh bagi perkembangan usaha anda. tempat yang strategis akan mendatangkan profit yang banyak dan sebaliknya. Atau anda tinggal di area pedesaan? Anda tetap bisa membuka usaha ini, namun tetap cari lokasi yang mudah dijangkau.

Untuk peralatan yang dibutuhkan adalah peralatan-peralatan digital seperti komputer, printer, scanner. Lalu untuk peralatan non-digital seperti meja, kursi, kertas, buku transaksi, dan lain-lain. Selanjutnya, untuk modal berupa uang, berapa banyak yang dibutuhkan? Tergantung dari peralatan yang anda beli.

Mari kita umpamakan anda membeli satu set komputer Pentium 4, harganya sekitar 4 juta, bahkan bisa lebih murah jika membeli yang bekas. Kemudian untuk printer, tidak sampai 1 juta anda sudah bisa mendapatkan printer yang baru. Untuk scanner harganya juga berkisar antar 500 ribu hingga 1 juta. Jika ditotal anda membutuhkan modal uang sebesar  6 juta rupiah beserta meja computer dan kursi.

Peluang usaha jasa pengetikan merupakan usaha minim modal dan memerlukan keahlian yang tidak begitu sulit

Resiko atau hambatan

Hambatan atau resiko usaha ini biasanya datang dari diri sendiri, seperti pekerjaan tidak sesuai deadline, terlalu banyak salah ketik, dan kesalahan-kesalahan lain yang membuat konsumen tidak puas dengan pekerjaan kita. Selain itu adalah dari sisi manajemen keuangan, jika tidak dikelola dengan baik, maka usaha anda bisa dengan mudah gulung tikar.

Ikuti artikel tentang peluang usaha lainnya di iWaralaba.com

CEK INFO PELUANG USAHA MODAL KECIL

Leave a Reply

CommentLuv badge