Peluang Usaha Jual Pupuk Organik

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang peluang usaha jual pupuk organik. Bagaimana peluang serta prospek kedepannya, juga apa saja hal yang harus dipersiapkan untuk memulai usaha ini. Namun, sebelumnya terlebih dahulu kita sedikit mengulas tentang pupuk organik.

Pupuk organik didefinisikan sebagai pupuk yang sebagian atau seluruhnya berasal dari dari tanaman dan atau hewan yang telah melalui proses rekayasa, dapat berbentuk padat atau cair yang digunakan mensuplai bahan organik untuk memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologi tanah. Pupuk organik mempunyai beragam jenis dan varian. Jenis-jenis pupuk organik dibedakan dari bahan baku, metode pembuatan dan wujudnya. Dari sisi bahan baku ada yang terbuat dari kotoran hewan, hijauan atau campuran keduanya. Dari metode pembuatan ada banyak ragam seperti kompos aerob, bokashi, dan lain sebagainya. Sedangakan dar sisi wujud ada yang berwujud serbuk, cair maupun granul atau tablet.

Ada berbagai jenis pupuk organik yang digunakan oleh para petani di lapangan. Secara umum pupuk organik dibedakan berdasarkan bentuk dan bahan penyusunnya. Dilihat dari segi bentuk, terdapat pupuk organik cair dan padat. Sedangkan dilihat dari bahan penyusunnya terdapat pupuk hijau, pupuk kandang dan pupuk kompos.

Peluang Usaha Jual Pupuk Organik

Pupuk berfungsi untuk menyuburkan tanaman. Sedangkan kita tahu bahwa Negara Indonesia ini salah satu komuditas utamanya adalah dari pertanian. Untuk itu keberadaan pupuk sangat diperlukan disekitar kita, terutama di daerah perkebunan atau persawahan. Walaupun sudah banyak berdiri pabrik-pabrik yang memproduksi pupuk namun tetap saja peluang usahanya masih besar.

peluang usaha jual pupuk orgaanik

peluang usaha jual pupuk orgaanik

Untuk jenis usaha ini sendiri anda bisa memilih menjadi produser atau hanya distributor. Kedua jenis usaha ini tentu memiliki keuntungan yang berbeda. Modal dan persiapannya pun berbeda. Untuk menjadi produser anda harus menyiapkan juga perlatan dan perlengkapan untuk membuat pupuk. Anda juga harus menyiapkan pengemasan dan pemasarannya. Untuk ini anda membutuhkan beberapa orang karyawan. Dan tentu saja modal yang diperlukan lebih besar dibanding jika hanya menjadi distributor.

Jenis usaha yang kedua adalah menjadi distributor. Disini anda tidak perlu lagi memikirkan tentang perlengkapan atau peralatan produksi. Tugas anda hanyalah mendistribusikan pupuk dari produsen ke konsumen. Untuk itu yang terpenting disini adalah link atau jaringan anda. semakin banyak anda memiliki kenalan atau pabrik-pabrik pupuk yang murah, semakin besar peluang omset anda. anda juga harus pintar dalam marketing yaitu menjual pupuk-pupuk anda kepada para petani.

Untuk system marketing ini seringkali para petani lebih suka membeli pupuk pada toko langganannya. Oleh sebab itu anda juga harus pintar mencari orang dan membuatnya menjadi pelanggan anda. semakin banyak pelanggan semakin banyak omset yang bisa dihasilkan. Untuk prospek kedepan usaha ini masih akan tetap dibutuhkan karena memang pupuk adalah kebutuhan dalam bidang pertanian.

CEK INFO PELUANG USAHA MODAL KECIL

Leave a Reply

CommentLuv badge