Peluang Usaha Ternak Ayam Kampung

Peluang Usaha Ternak Ayam Kampung | Membudidayakan ternak ayam kampung bisa menjadi usaha yang cukup menjanjikan. Mudah dalam pelaksanaan dan sangat menarik untuk dijalankan. Kami katakan mudah, karena perawatan ayam kampung sendiri lebih sederhana dibandingkan dengan budidaya ternak ayam potong. Salah satu hal yang menarik dalam hal budidaya ternak ayam kampung ini adalah pada sisi harga. Harga ayam kampung lebih stabil dan biasanya cenderung naik, berbeda dengan ayam potong yang harganya sering kali naik turun.

Ayam kampung juga memiliki permintaan pasar yang cukup tinggi dan stabil. Banyak restoran maupun warung pedagang kaki lima yang siap menampung hasil peternakan anda. Asalkan ayam yang dipelihara mempunyai kualitas yang terjamin dan aman dari segala penyakit.

ternak ayam kampung

ternak ayam kampung

Apa saja persiapan untuk memulai ternak ayam kampung?

Sebelum anda memulai menjalankan bisnis budidaya ayam kampung ini, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Pertama-tama anda harus memiliki perencanaan usaha anda kedepan. Untuk itu dibutuhkan juga pengetahuan-pengetahuan dasar mengenai budidaya ayam secara umum. Anda juga harus mengetahui bagaiamana perawatan ayam kampung. Dengan demikian resiko kerugian akibat ayam mati akan berkurang. Ayam kampung sangat rentan dengan penyakit-penyakit seperti flu burung dan gumboro yang dapat menyebabkan kematian.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah mengenai tempat ayam atau kandang. Sebaiknya jika kandang ayam dibangun berdekatan dengan pemukiman maka sebelumnya ayam harus sering divaksin dan sterilisasi agar bakteri atau virus tidak dapat menular pada manusia. Membersihkan kandang secara rutin juga melindungi ayam dari bakteri-bakteri yang bisa mengganggu kesehatan ayam.

Sebuah kandang ternak ayam kampung bisa dibuat dengan ukuran 1m2 yang bisa diisi dengan 7 ekor ayam kampung.  Sebaiknya menggunakan kandang penghangat, agar perkembangan ayam dari kecil menuju dewasa lebih sehat dan aman. Untuk kandang ini memang pada awal usaha butuh modal yang lumayan besar. Namun pembuatan kandang ini adalah meruapakan investasi dan modal untuk usaha anda kedepannya.

Modal lain yang harus anda keluarkan adalah untuk membeli bibit ayam kampung. Anak ayam yang baru berusia sekitar 1 hingga 7 hari biasa dikenal dengan DOC atau disebut dengan bibit ayam. Untuk membudidayakan ayam kampung sebaiknya anda tidak membeli bibit yang masih DOC (Day Old Chick) dan sebaiknya anda membeli bibit ayam kampung dalam keadaan ayam dara.

Bagaimana cara perawatan ternak ayam kampung?

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah mengenai pakan untuk ayam kampung. Ada beberapa zat yang ada pada pakan ayam seperti konsentrat, jagung, dedak, dan lain-lain. yang terpenting adalah dosis pakan yang diberikan kepada ayam kampung. Detailnya sebagai berikut :

  • 7 gram/per hari sampai umur 1 minggu
  • 19 gram/per hari sampai umur 2 minggu
  • 34 gram/per hari sampai umur 3 minggu
  • 47 gram/per hari sampai umur 4 minggu
  • 58 gram/per hari sampai umur 5 minggu
  • 66 gram/per hari sampai umur 6 minggu
  • 72 gram/per hari sampai umur 7 minggu
  • 74 gram/per hari sampai umur 8 minggu

Kemudahan dalam memelihara ayam kampung dibandingkan ayam petelur dan ayam potong akan menjadi modal awal yang baik. Sehingga dapat meminimalisir kerugian. Anda juga dapat memanfaatkan usaha ini sebagai hasil tambahan dan kegiatan refreshing berpenghasilan. Baca juga artikel terkait peluang usaha lainnya di iwaralaba. Terimakasih.

CEK INFO PELUANG USAHA MODAL KECIL

Leave a Reply

CommentLuv badge