Business Opportunity – Konsep Bisnis, Bukan Gerobak Bisnis

Business Opportunity – Konsep Bisnis, Bukan Gerobak Bisnis

Di media-media yang mengulas mengenai peluang bisnis atau mendatangi pameran-pameran tentang franchise, BO dan semacamnya, terlihat “pola yang sama” yang ditawarkan oleh para pemilik bisnis, yaitu kesempatan menjalankan bisnis dan mendapatkan keuntungan tanpa harus menciptakannya sejak awal. Sejatinya, inilah yang disebut kemitraan. Namun masih ada saja beberapa pemilik bisnis yang sekedar menawarkan “Gerobak Bisnis” saja.

“Gerobak Bisnis” adalah istilah kecil untuk merujuk pada kasus dimana pemilik bisnis tidak benar-benar menawarkan konsep bisnis kepada calon mitranya, melainkan hanya menawarkan booth yang diberi merk  berikut dengan produknya kepada calon mitranya. Biasanya booth tersebut berbentuk gerobak semata. Akhirnya calon mitra harus memikirkan sendiri bagaimana konsep bisnis yang akan dijalankannya.

Business Opportunity : Konsep Bisnis, Bukan Gerobak Bisnis

Contoh Booth yang digunakan oleh beberapa BO di Indonesia.

Dalam konsep BO (Business Opportunity) idealnya yang seharusnya ditawarkan bukan sekedar produk yang diberi merk dan dilengkapi dengan gerobak atau booth. Namun juga konsep bisnis dan pemasaran yang telah terbukti menghasilkan, sehingga bisa diduplikasi oleh calon mitranya.

Sistem BO adalah “suatu kesempatan usaha dengan menggunakan produk/ alat/metode dari pengusaha pemberi (penjual) paket B.O. Dimana pada umumnya penerima BO diminta untuk membayar paket BO yang di dalamnya termasuk: materi untuk initial start-up usaha serta harga BO dimaksud”. Ciri dari sistem BO adalah adanya sistem jual putus, dimana mitra bisnis bisa saja menggunakan merek lain diluar merk dari pemilik bisnis.

Meskipun memang BO berbeda dari Franchise dan tidak memiliki persyaratan yang seketat Franchise, namun sebaiknya dalam memilih BO perlu juga diperhatikan faktor konsep bisnisnya. Sebab, konsep bisnis akan menunjukkan positioning produk agar mitra lebih mudah dalam menyusun strategi pemasaran bisnisnya.

Konsep bisnis dalam BO perlu karena menyangkut beberapa aspek : product value, positioning dan strategi pemasaran. Sehingga jika ada BO yang produknya “itu-itu saja” tanpa ada konsep bisnis yang jelas, hal ini berpotensi membuat mitra baru nanti tidak dapat maksimal menjalankan bisnisnya. Selain itu, tanpa adanya konsep bisnis yang jelas, juga akan membuat masing-masing mitra akan menerapkan konsepnya sendiri-sendiri. Hal ini akan memberi efek buruk bagi merk bisnis itu sendiri.

Nah, jadi mau beli “gerobak bisnis” atau beli Konsep Bisnis ?

Selamat Berbisnis.

CEK INFO PELUANG USAHA MODAL KECIL

Leave a Reply

CommentLuv badge