Peluang Usaha CoWorking Space

Peluang Usaha Coworking Space | Perkembangan zaman dan pesatnya perkembangan teknologi harus disikapi dengan ide-ide bisnis yang sesuai dengan kedua perkembangan tersebut, yaitu tuntutan zaman dan teknologi. Bila zaman dahulu pemilik gedung hanya berfikir untuk menyewakan gedung saja, saat ini harus melihat bentuk lain dari penyewaan gedung. Menyewakan gedung untuk kantor satu perusahaan sudah biasa dilakukan orang, bagaimana bila menyewakan gedung untuk orang yang bekerja mandiri atau freelance, atau orang-orang yang memiliki bisnis tetapi belum mampu menyewa gedung yang sangat mahal?

Mengenal Coworking Space.

Menurut Wikipedia, Coworking space pertama muncul di Amerika Serikat tahun 2012, dan sekarang berjumlah ratusan coworking space yang tersebar di seluruh Amerika Serikat. Secara harfiah, coworking space adalah tempat orang berbagi ruangan kerja, dengan kelengkapan seperti kantor yang umum digunakan, tetapi orang yang bekerja di coworking space bukan berasal dari satu perusahaan yang sama seperti layaknya ruang kantor biasa.

Umumnya pengguna coworking space adalah pekerja yang biasa bekerja di rumah atau freelancers atau pemilik start up yang tidak membutuhkan gedung untuk kantor tapi membutuhkan tempat kerja atau ruang kerja dengan lingkungan kerja yang nyaman, disertai dengan dukungan fasilitas yang umum ada di sebuah kantor, seperti telpon, fax, printer dan scanner.

peluang usaha coworking space

img : whiteboardjournal.com

Pergerakan trend co-working space sangat nyata dengan semakin banyak pekerja independen  yang bekerja di rumah atau jarak jauh, bekerja remote. Pengusaha yang masih belum membutuhkan kantor, yang mungkin selama ini menggunakan kafe atau tempat umum lainnya membutuhkan tempat bekerja yang lebih nyaman. Pergerakan yang cepat membuat mobilitas individu mejadi tinggi, tidak selalu membutuhkan kantor yang harus didatangi setiap hari.

Dengan memanfaatkan coworking space, para pelaku startup tak perlu mengeluarkn dana besar untuk menyewa gedung untuk kantorr yang sebenarnya belum tentu diperlukan. Dunia usaha kecil&pelaku bisnis pemula tlh tumbuh secara eksponensial, membuka jg peluang bisnis lain dlm penyediaan sbuah coworking space. Perkembangan startup di Indonesia belakangan ini mendorong tersedianya kebutuhan ruang kerja yang efisien, fleksibel dan murah.

Bisnis Coworking Space Menguntungkan?

Memulai bisnis ini tentunya membutuhkan modal yang tidak sedikit, karena dibutuhkan gedung serta perlengkapan lain seperti meja, kursi, sofa serta fasilitas pendukung lainnya layaknya sebuah kantor. Harus dibayangkan bahwa membangun sebuah coworking space artinya membangun sebuah kantor yang nyaman untuk pengunjung atau member nantinya.

Kemampuan melakukan promosi dan menjalin hubungan baik dengan komunitas start up, pebisnis rumahan, pekerja rumahan atau profesional yang independent sangat penting, karena mereka adalah target pasar dari sebuah coworking space. Aktif dengan social media untuk membantu promosi viral juga penting karena pekerja online yang tidak mau terikat dengan kehidupan kantor yang membosankan merupakan target pasar yang potensial.

Sampai saat ini di Indonesia telah terdapat beberapa coworking space, seperti Jakarta, Bandung dan Bali, kota-kota tersebut dikenal memiliki banyak komunitas pekerja lepas atau profesional independen. Dengan biaya sekitar Rp. 50.000/jam atau Rp. 200.000 sehari penuh (biaya coworking space Comma Jakarta), coworking space tetap menjadi bisnis yang menguntungkan karena terlihat semakin banyak orang yang ingin bekerja dengan suasana yang lebih nyaman tanpa harus ke kantor, sementara bekerja di rumah sering kali terganggu dengan urusan rumah tangga.

Peningkatan jumlah start up dan pebisnis serta professional independent merupakan peluang baik untuk menyediakan ruangan untuk bekerja, bahkan bisa dibuat juga ruang meeting dan ruang pelatihan di coworking space.

CEK INFO PELUANG USAHA MODAL KECIL

2 Comments

  1. Kristanto 08/10/2016
    • iwaralaba 16/10/2016

Leave a Reply

CommentLuv badge