Bisnis Menjelang Puasa Dan Lebaran

Bisnis Menjelang Puasa Dan Lebaran |  Bagi masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam, saat puasa dan lebaran memiliki makna tersendiri, karena puasa di bulan Ramadhan merupakan ibadah yang sangat istimewa bagi pemeluk agama Islam. Bulan Ramadhan sangat di tunggu demikian juga dengan hari raya Idhul Fitri atau lebih dikenal dengan sebutan lebaran. Bagi para pengusaha, bisnis di bulan Ramadhan atau bulan puasa dan lebaran merupakan moment tersendiri untuk meningkatkan penjualan.

Bisnis Menjelang Puasa Dan Lebaran

Beberapa jenis bisnis menjelang puasa dan lebaran akan mengalami lonjakan permintaan.

Bisnis menjelang puasa dan lebaran yang menjanjikan sangat banyak karena kebutuhan ummat muslim selama puasa dan lebaran akan meningkat, terutama kebutuhan sembilan bahan pokok atau sembako, demikian juga dengan kebutuhan sandang, kebutuhan pakaian baik anak-anak dan dewasa, pria dan wanita, serta kebutuhan lainnya yang sampai saat lebaran akan sangat tinggi permintaanya.

Peluang Bisnis Menjelang Puasa Dan Lebaran.

Pada kesempatan ini, team iwaralaba.com mencoba untuk berbagi peluang usaha yang layak untuk dipertimbangkan selama menjelang puasa dan lebaran, bisnis yang dilihat dari tingkat kebutuhan masyarakat terutama masyarakat yang beragama Islam, dalam menyambut bulan Ramadhan dan Hari Raya Idhul Fitri.

  1. Bisnis Sembako. Permintaan sembilan bahan pokok selama puasa dan lebaran dipastikan akan meningkat tajam. Hal seperti ini terjadi setiap tahun, permintaan sembako meningkat karena memang masyarakat yang melakukan ibadah di bulan Ramadhan akan berusaha memenuhi seluruh kebutuhan untuk melakukan ibadah shaum selama satu bulan.
  2. Bisnis Makanan Takjil. Setelah seharian melakukan ibadah puasa, umumnya masyarakat muslim di Indonesia mencari makanan untuk berbuka atau Takjil. Nah pada bulan Ramadhan, setiap tahunnya bermunculan pedagang makanan dan minuman untuk berbuka. Hampir di setiap sudut jalan dapat anda temui pedagang makanan dan minuman untuk berbuka yang menyajikan aneka makanan dan minuman khas untuk berbuka puasa. Makanan dan minuman ringan, seperti gorengan, kolak, es cendol sangat, dan lain-lain sangat dicari.
  3. Bisnis Makanan. Bisnis makanan berupa makanan berat untuk acara berbuka bersama umumnya mendapat banyak pesanan saat bulan Ramadhan, beberapa instansi dan organisasi memiliki kebiasaan untuk berbuka bersama dan dilanjut dengan makan malam bersama. Hal ini biasanya dimanfaatkan pengusaha catering yang telah melakukan promosi jauh-jauh hari sebelum puasa. Biasanya pemesanan untuk paket ini bisa berlangsung beberapa hari selama bulan Ramadhan, bahkan ada yang memesan paket untuk 1 bulan. Tentunya pengusaha catering tidak akan melewatkan peluang ini begitu saja.
  4. Bisnis Perlengkapan Sholat. Perlengkapan sholat dibutuhkan oleh masyarakat muslim untuk melaksanakan ibadah dengan baik selama bulan Ramadhan. Perlengkapan sholat seperti sajadah, mukena, dan sarung serta aksesori lain seperti peci, tasbih, qur’an dan lainnya akan mengalami permintaan cukup tinggi. Produk-produk tersebut merupakan produk yang layak anda cari saat ini untuk dipasarkan saat puasa dan lebaran.
  5. Bisnis Busana Muslim. Permintaan busana muslim baik dewasa dan anak-anak, laki-laki dan perempuan akan meningkat tajam, seperti biasa bulan Ramadhan dan Lebaran merupakan masa pane bagi para pengusaha busana muslim, yang berlomba-lomba menyajikan model terbaru bagi masyarkat. Kebutuhan busana muslim akan meningkat drastis karena hampir seluruh ummat muslim di Indonesia akan berbelanja busana untuk merayakan hari raya Idhul Fitri.
  6. Bisnis Kue Lebaran. Walaupun sudah banyak merk untuk kue dari produsen makanan yang telah mapan, permintaan kue lebaran yang begitu besar dapat anda respon dengan memproduksi kue khas lebaran, karenat tidak sedikit orang yang menyukai kue-kue yang hanya muncul saat hari raya Idhul Fitri. Kue-kue lebaran di Indonesia sangat banyak jenisnya, masing-masing daerah memiliki kue khas lebaran, hal inilah yang tidak bisa dipenuhi oleh pabrikan kue, karena permintaan masyarakat yang menginginkan kue khas lebaran berada di rumah, bukan kue-kue yang bisa diperoleh setiap hari.
  7. Bisnis Makanan Lebaran. Setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khas untuk hari raya Idhul Fitri, dan tidak semua orang bisa membuatnya. Hal ini merupakan peluang usaha yang sangat baik, memasak makanan khas lebaran, misalnya menyediakan opor ayam dan ketupat dalam satu paket, sehingga memudahkan pelanggan.
  8. Bisnis Bumbu. Bumbu masakan akan sangat meningkat permintaannya karena menjelan lebaran semua orang akan memasak makanan untuk disajikan saat hari raya, kebutuhan bumbu dan rempah-rempah selama puasa dan lebaran akan sangat tinggi. Peluang ini sangat sayang bila dilewatkan begitu saja.
  9. Bisnis Parcel. Meski terdapat pro dan kontra dengan pemberian parcel, bisnis ini tetap layak dijadikan salah satu bisnis yang memiliki peluang sangat besar untuk meraik keuntungan menjelang lebaran. Usahakan untuk membuat parcel dengan variasi harga yang menarik sehingga dapat menjangkau semua lapisan masyarakat.
  10. Bisnis Bunga Potong. Kebiasaan masyarakat untuk menghias rumah agar menjadi lebih indah membuat permintaan bunga potong meningkat tajam menjelang hari raya Idhul Fitri. Pusat-pusat penjualan bunga selalu dipenuhi konsumen yang ingin menghias rumah dengan bunga-bunga segar, anggrek merupakan salah satu jenis bunga yang sangat diminati masyarakat saat lebaran untuk menghias rumah.
  11. Bisnis Rental Mobil. Kebiasaan masyarakat untuk merayakan hari raya Idhul Fitri di kampung halaman atau kebiasaan mudik membuat perusahaan rental mobil selalu laris manis saat lebaran. Pengusaha rental mobil biasanya menawarkan sistem paket selama masa lebaran dengan minimal sewa satu minggu dan biasanya harga yang ditawarkan juga sangat menarik.
  12. Bisnis Laundry. Setiap menjelang lebaran dan beberapa hari setelah lebaran, umumnya pembantu rumah tangga mudik ke kampung halaman sehingga banyak masyarakat membutuhkan jasa laundry, baik laundry kiloan atau laundry satuan. Bagi anda yang bergerak di bisnis laundry, sebaiknya bersiap-siap untuk menerima lonjakan jumlah pakaian untuk dikerjakan.
  13. Bisnis Penyalur Pembantu Rumah Tangga. Fenomena pembantu rumah tangga cadangan muncul beberapa tahun belakanganan ini, jadi selama masa lebaran banyak orang menawarkan jasa pembantu rumah tangga cadangan selama pembantu rumah tangga yang sebenarnya sedang berada di kampung halaman, bayaran untuk tenaga cadangan ini tentu lebih besar dari pada tenaga kerja reguler.
  14. Bisnis Penitipan Hewan. Tidak sedikit masyarakat yang pergi berlebaran di kampung halaman kebingungnan dengan hewan peliharaan, bila membawa hewan peliharaan untuk perjalanan jauh dan berhari-hari tentu memiliki resiko tinggi. Untuk itu biasanya pemilih hewan peliharaan mencari tempat untuk menitip hewan peliharaan selama berlibur di kampung halaman.
  15. Bisnis Aksesoris Mobil Dan Motor. Bagi pemilik mobil dan motor yang hendak berlebaran di kampung halaman, biasanya membeli berbagai aksesoris yang menarik agar mobil dan motor yang digunakan tampak lebih menarik serta lebih nyaman digunakan selama dalam perjalanan. Demikian juga dengan perlengkapan berkendara, khususnya untuk pengguna motor, kebutuhan helm, sarung tangan dan pelindung lainnya akan meningkat.
  16. Bisnis Bengkel. Sebelum melakukan perjalanan jauh, pemilik mobil dan motor akan memeriksakan kendaraan mereka ke bengkel langganan untuk memastikan kendaraan laik jalan. Perjalanan yang jauh tentunya membutuhkan kinerja dan performa kendaraan yang prima agar dapat menikmati perjalanan dan hari raya dengan tenang bersama keluarga tanpa ada masalah dengan kendaraan yang digunakan.
  17. Bisnis Bahan Bangunan. Pengusaha bahan bangunan juga akan mendapat permintaan yang tinggi sehubungan dengan hari raya Idhul Fitri, umumnya masyarakat akan melakukan perbaikan atau minimal mengecat ulang rumah agar terlihat lebih indah saat menerima tamu yang datang untuk bersilaturahmi.

Demikianlah beberapa bisnis yang mendapat banyak permintaan selama puasa dan lebaran. Bisnis menjelang puasa dan lebaran yang mendapat banyak permintaan selama menjelang ramadhan sampai setelah lebaran, sehingga tidak salah bila bulan Ramadhan disebut sebagai bulan yang penuh barokah bagi semua orang. Bagi anda yang berminat menggunakan peluang bisnis menjelan puasa dan lebaran, silahkan buat perencanaan dengan matang, semoga sukses.

CEK INFO PELUANG USAHA MODAL KECIL

Leave a Reply

CommentLuv badge