Bisnis Batu Akik

Bisni Batu Akik | Saat ini batu akik sedang booming di Indonesia, masyarakat tidak asing dengan orang-orang yang berkumpul untuk membahas batu akik, banyak counter penjual batu akik bermunculan di berbagai tempat baik di tingkat lingkungan rumah, di pasar-pasar bahkan sampai di pusat perbelanjaan.

Terlebih lagi di Indonesia banyak daerah yang merupakan penghasil batu akik, sebut saja batu akik Bacan yang berasal dari Halmahera, Maluku Utara. Belum lagi batu akik Panca Warna yang berasal dari beberapa wilayah di Kabupaten Garut. Di Kalimantan juga banyak lokasi penghasil batu yang sangat terkenal, demikian juga dengan Sumatera, yang terkenal dengan batu akik Sungai Dareh, Sulawesi juga merupakan penghasil beberapa jenis batu akik.

bisnis batu akik peluang usaha

Bisnis batu akik peluang usaha yang sangat menjanjikan bila dikelola dengan serius

Jadi secara sumber alam, Indonesia memiliki banyak sumber penghasil batu akik yang bisa dimaksimalkan menjadi sebuah industri batu akik. Belum lagi memang masyarakat Indonesia sudah akrab dengan batu akik, yang telah menjadi bagian hidup dan kegiatan sehari-hari. Hampir seluruh masyarakat Indonesia kenal dengan batu akik, walau sebagian besar mungkin bukan penggemar fanatik batu akik, tetapi mereka telah kenal dan akrab dengan batu akik.

Peluang Bisnis Batu Akik.

Dari paparan di atas terlihat bahwa peluang batu akik untuk menjadi sebuah bisnis sangat layak, bisnis jual beli batu akik terbukti bertahan sepanjang masa, walau bisnis batu akik bisa disebut bisnis musiman yang bisa saja tiba-tiba bisnis ini menurun sesuai dengan minat masyarakat. Bagi beberapa pelaku bisnis, naik turunnya sebuah bisnis merupakan hal yang biasa dan hal yang wajar terjadi.

Apa Yang Dibutuhkan Untuk Membangun Bisnis Batu Akik?

Seperti bisnis lainnya, bisnis batu akik memerlukan beberapa hal yang harus dikuasai atau dimiliki sebagai asset dari pemiliki bisnis. Hal tersebut hal yang wajib dimiliki oleh anda yang ingin membangun bisnis batu akik sebagai sebuah usaha yang memberikan keuntungan.

Berikut ini adalah hal yang perlu diperhatikan sebelum anda memulai bisnis batu akik, silahkan disimak.

  1. Pengetahuan tentang batu akik. Pengetahuan tentang batu akik akan sangat dominan dalam bisnis ini, karena dalam bisnis jual beli, kemampuan anda menilai kualitas sebuah batu akik dan memprediksi selera konsumen akan menjadi kunci sukses bisnis ini. Bagaimana mungkin anda membangun bisnis batu akik tanpa pengetahuan yang memadai tentang batu akik itu sendiri? Bila hal ini terjadi maka besar peluang anda untuk gagal dalam bisnis ini, dan mungkin akan menjadi korban penipuan dalam bisnis batu akik. Untuk menghindari hal tersebut maka sudah sewajarnya anda memiliki pengetahuan yang baik tentang batu akik dan selera pasar tentang batu akik.
  2. Pemasok. Mencari pemasok batu akik harus dilakukan dengan teliti, pemasok atau supplier batu akik yang berkualitas menjadi tulang punggung bisnis ini, karena konsumen semakin pintar sehingga dapat memilih jenis batu akik yang berkualitas. Tanpa memiliki stok batu akik yang berkualitas tentunya bisnis ini akan sangat sulit berkembang.
  3. Pengrajin. Sebaiknya anda memiliki tenaga terampil untuk mengolah batu akik potongan atau bongkahan menjadi batu akik yang dapat diikat dengan ikatan cincin, jelas menjual batu akik yang siap pakai memberikan keuntungan yang lebih besar dibanding bila menjual batu akik dalam bentuk bongkahan atau potongan. Tenaga kerja ini bertugas untuk membentuk batu menjadi siap untuk diikat dengan pengikat cincin, dan memiliki pengetahuan tentang karakter batu, sehingga dapat memberikan hasil maksimal dari setiap potong batu yang diasah. Untuk tenaga kerja ini, anda harus menyediakan anggaran untuk gaji, sesuaikan gaji dengan tingkat keahlian dari pekerja anda.
  4. Tempat Usaha. Tempat usaha untuk bisnis batu akik, seperti juga bisnis lainnya harus berada di tempat yang strategis dan mudah ditemui orang. Tempat usaha bisnis batu akik tidak membutuhkan ruang yang besar, sehingga bila tidak memiliki modal yang besar anda bisa bekerja sama dengan orang lain untuk berbagi ruangan dengan membayar sejumlah uang sesuai dengan kesepakatan.

Demikan paparan untuk membangun dan mengembangkan bisnis batu akik yang bisa disajikan kali ini, semoga bermanfaat dan tetap bersemangat untuk membangun bisnis untuk kehidupan lebih baik.

CEK INFO PELUANG USAHA MODAL KECIL

Leave a Reply

CommentLuv badge